Pengunaan Software Pada Pekerjaan Pemeliharaan Bangunan

November 04, 2018
Software apa saja yang digunakan untuk bangunan? Beberapa diantaranya adalah autocad, SAP2000, Plaxis, ETABS, google sketchup. Selain yang disebutkan ada juga software yang digunakan untuk memudahkan pemeliharaan bangunan yaitu software daftar inventaris, namun software ini tidak digunakan pada saat mata kuliah dan postingan terkait dengan software ini hanya sampai dengan pengenalan software saja, tidak dengan cara penggunaanya. Untuk cara penggunaanya dituliskan pada postingan berikutnya.


Penguunaan Software Pada Pekerjaan Pemeliharaan Bangunan
Pengunaan Software Pada Pekerjaan Pemeliharaan Bangunan
Penggunaan softwore-sofiware manajemen pemeliharaan bangunan telah merealisasikan banyak rencana pemeliharaan preventif. Tim facility management tidak akan pernah salah menempatkan tata kerja yang kritis karena mereka secara otomatis mengulang sampai selesai.
Setiap pengulangan tugas pemeliharaan preventif dengan jelas dapat diaplikasikan pada perintah kerja baru yang dihasilkan. Software tersebut dirancang untuk operator masukan minimal untuk menghemat waktu dan sumber daya serta memberikan keuntungan bagi tim facility manogement dengan menjaga fasilitasnya, yaitu berkinerja tanpa gangguan yang tidak direncanakan.
Software Daftar Inventaris
Softwore daftar inventaris adalah suatu sistem informasi yang bermanfaat untuk menghemat waktu dan usaha pemeliharaan. Sistem informasi daftar inventaris berisi suku cadang, staf pembelian, sejarah, daftar peralatan yang digunakan, pesanan pembelian, serta informasi lainnya yang dibuat berdasarkan kebijakan lim locility monogemenf. Contoh layer softwore Daftar lnventaris sebagai berikut.
Software demikian mengintegrasikan perintah kerja pemeliharaan bangunan, jadwal perintah kerja, inventory control, dan pesanan pembelian manajemen, Jadi, program secara langsung dapat mengotomatisasi manajemen pemeliharaan bangunan beserta infrastrukturnya.
Daftar Penyedia Jasa atau Vendor
Softwore Daftar Vendor adalah suatu sistem informasi yang memuat nama vendor, spesifikasi pekerjaan vendor, alamat vendor, serta telepon vendor. Semua softwore demikian akan selalu berubah dan berkembang sejalan dengan kebutuhan suatu gedung maupun perusahaan.
Pos Komando Takfis Kebakaran (POSKOTIS)
Sebagai materi tambahan karena pada postingan sebelumnya terlalu panjang, agar tidak lelah membaca maka saya tambahkan disini. Poskotis terletak di lobi utama karena perlu menyesuaikan dengan ketentuan atau peraturan suatu Poskotis Kebakaran. Pada saat darurat, emergency operation centre mengakomodasi sarana atau peralatan emergency communication, perlengkipan operasi penanggulangan fasilitas ruang seperti meja dan kursi, papan tulis, flip-chort, serta dokumen dan gambar teknis bangunan terbangun, penampungan sementara personel sakit atau luka dan lain-lain oleh karena itu, bangunan atau ruangan tambahan dapat dibuat di dekat Poskotis yang ada di lobi utama tersebut.
Instansi Terkait
Dalam keadaan darurat sebaiknya ada koordinasi yang baik dengan instansi terkait Seperti: Dinas Kebakaran, PLN, Polisi, Dinas Pekerjaan Umum, Tim SAR, PDAM, MawilHansip, dan sebagainya. JikaDinasKebakarantibadilokasi gedung maka serah terima tugas pemadaman dilakukan di Pos Komando Taktis Kebakaran.

0 komentar