Pemeliharaan Kebersihan Lobi, Lift Dan Tangga Kebakaran | SITUS TEKNIK SIPIL

Pemeliharaan Kebersihan Lobi, Lift Dan Tangga Kebakaran

Lobi merupakan ruang utama dari bagian depan sebuah bangunan hotel, apartemen atau yang lainya, sementara lift sebagai sarana alat sarana transportasi untuk menghubungkan lantai ke lantai lainya. Kebersihan tentu menjadi hal yang penting supaya tempat tersebut nyaman dan mempunyai nilai jual yang bagus bagi para pengunjungnya. Postingan ini menjalaskan pemeliharaan apa saja yang dapat dilakukan pada komponen-komponen tersebut.

Pemeliharaan pada Lobi:
Pemeliharaan Kebersihan Lobi, Lift Dan Tangga Kebakaran
 a)Sebelum pekerjaan dimulai, siapkan peralatan kerja selengkapnya, yaitu: mesin poles, buffing pod, ember, stick mop, lobby duster, kain majun, wiper gloss, dan tangga.
   b) Vacuum lantai lobi dengan teliti agar bebas debu dan kotoran.
  c) Pel lantai dengan air bersih agar kotoran yang melekat dapat terangkat.
  d)Kosongkan dan bersihkan semua tempat sampah atau asbak yang berada diarea lobidengan lap basah, lalu keringkan.
e)  Gunakan mesin poles kecepatan tinggi dengan buffing pod untuk mengilapkan lantai.
f)    Basuh dinding dengan lap basah, lalu keringkan dengan menggunakan lap bersih.
g)  Bersihkan dinding kaca lobi bagian luar dan dalam dengan menggunakan wiper glass.
h)   Bersihkan telepon umum dengan menggunakanfresh phone.
i)     Bersihkan konter resepsionis.
j)    Berikan makanan ikan hias secara teratur (jika ada).
k)   Bersihkan taman dari pencemaran kotoran dan sampah.
l)     Bersihkan keset hdmad entrance lobi dengan vdcuum cleaner.
m) Apabila ada hujan, pembersihan lebih ditingkatkan untuk menjaga lantai lobi tetap kering dan mengilap terutama lobby entronce, anak tangga, dan keset nomad.
n)   Bersihkan selalu lantai lobidengan lobby duster.
Pemeliharaan pada Lift
a)  Siapkan peralatan kebersihan dan bahan pembersih: voccum cleoner, lap chiomos, concor dust, multipurpose cleoner, floor cleoner, mop, dan ember.
b)  Matikan lift di lantai paling atas dan mulai membersihkan ruang lift, mulai dari plafon dan dinding. Gunakan lap chiamos dan concor dust.
c)   Vacuum lantai lift yang ditutup karpet atau pel lantai lift dengan floor cleaner dan mop.
d)   Membersihkan frame dan rel lift dengan multipurpose cleaner
e)   Membersihkan pintu lift dengan gloss cleoner.
f)   Melakukan pembersihan rutin setiap kali lift kotor. Pembersihan rutin terhadap dinding dan lantai lift secara terus-menerus dan hindari lantai lift dari tumpahan air dan lain sebagainya agar orang tidak terpeleset atau tergelincir.
g)   Periksa pengharum ruangan (outomotic oir freshener), apakah masih berfungsi. Bila tidak ada, semprotkan pengharum ruangan.
Pemeliharaan Kebersihan Tangga Kebakaran
Pemeliharaan yang dilakukan antara lain:
a)  Sebelum pekerjaan dimulai, siapkan peralatan kerja selengkapnya, yaitu: wet vocuum cleaner, ember, sikat dorong, rubber sweeper, kain majun, spon, dan stick mop. Cek mesin yang harus siap pakai. Apabila ada kabel yang terkelupas, harus diperbaiki dahulu karena sangat berbahaya bagi keselamatan.
b)   Bersihkan bagian atas plafon dengan bulu ayam. Dahulukan sebelum melakukan pekerjaan lain.
c)   Penyapuan dimulai dari lantai atas lalu ke lantai bawah (bosement).
d)   Basuh dinding cat tangga keluar dengan lap basah atau spon. Gunakan air bersih yang dicampur multipurpose cleoner, bilas dengan air bersih, lalu keringkan dengan lap bersih.
e)  Bersihkan anak tangga dengan sikat dorong, gunakan air. yang dicampur floor cleoner, lalu keringkan segera dengan mesin wet vocuum agar air tidak mengalir ke luar tangga keluar.
f)   Penggunaan air jangan berlebihan saat pembersihan lantai. Langsung keringkan agar tidak masuk ke panel listrik. Gunakan wet vocuum cleoner.
g)   Lap pegangan tangga keluar mempergunakan lap basah campur sedikit dengan floor cleoner. Bilas dan keringkan.
h)   Lap daun pintu tangga keluar bagian luar dan dalam. Apabila tidak hilang dan banyak goresan, laporkan kepada bagian engineering untuk dilakukan pengecatan ulang.
i)   Tangga darurat harus bebas dari kotoran, sampah, atau barang-barang lainnya. Singkirkan kotoran atau barang yang berada di tangga darurat. Tangga darurat harus bebas hambatan dan hanya dipergunakan sewaktuwaktu dalam keadaan darurat.
j)  Pintu darurat harus selalu tertutup, tetapi tidak terkunci untuk menjaga temperatur udara dalam ruang dan demi keamanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemeliharaan Kebersihan Lobi, Lift Dan Tangga Kebakaran"

Post a Comment