SDM Untuk Pekerjaan Erection Girder Jembatan

December 13, 2018
Pihak yang melaksanakan kegiatan erection ini dapat dari pihak luar kontraktor atau bagian dari dalam organisasi kontraktoi, dan disebut dengan erection instalator.
Pelaksana bangunan dapat kehilangan sebagian keuntungannya jika pelaksanaan erection komponen beton pracetak tidak efisien. Pemahaman mengenai masalah yang terjadi serta penanganannya harus benar-benar diperhitungkan secara matang agar tujuan utama penggunaan teknologi pracetak tercapai, yaitu dapat mereduksi waktu pelaksanaan pekerjaan serta biaya konstruksi.
Perencanaan yang matang pada setiap tahap proses konstruksi sangat penting untuk mencapai erection yang efisien. Juga harus didukung koordinasi yang baik antara erector dengan kontraktor (jika keduanya tidak berada dalam satu pihak).
Jumlah SDM yang diperlukan Untuk Pekerjaan Erection
Jumlah sumberdaya manusia yang dibutuhkan untuk satu team erection rata-rata adalah tujuh orang yaitu: beberapa orang berada di permukaan tanah, dan beberapa orang berada di lokasi komponen pracetak akan ditempatkan untuk melakukan penyetelan atas unit pracetak/precast.
Kemudian satu orang sebagai pengendali crane. Jumlah tersebut akan bertambah jika dibutuhkan pekerja las dan grouting. Dari pengalaman, kemampuan pelaksanaan erection satu tim adalah seperti ditunjukkan dalam gambar.
Pekerjaan Balok Girder jembatan
Pekerjaan Stressing Balok Girder
Jenis Pekerjaan: Pengangkatan balok girder dari tempat proyek ke oprit untuk di stressing
Tenaga Kerja:
Operator Crane 1 orang
Jenis Pekerjaan: Penyusunan Balok Girder
Tenaga Kerja Yang Dibutuhkan:
Operator crane 1 orag
5 Orang berada di permukaan tanah untuk menyusun balok girder
Jenis Pekerjaan: Stressing Balok Girder
Tenaga Kerja Yang Dibutuhkan:
4 Orang tukang
1 Orang Pengawas
Jenis Pekerjaan: Grouting Girder
Tenaga Kerja Yang Dibutuhkan:
4 orang
Jenis Pekerjaan: Launching Girder
Tenaga Kerja Yang Dibutuhkan:
7 orang
Jumlah tenaga kerja setiap pelaksanaan proyek tidak selalu sama, tergantung pada pekerja yang dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi. Sumber daya manusia yang dicantumkan di atasa merupakan hal nyata yang terjadi dilapangan pada waktu itu.

0 komentar