Erection Beton Pracetak Metode Vertikal Dan Horizontal

December 13, 2018
Proses penyatuan komponen bangunan yang berupa beton pracetak yang telah diproduksi dan layak (cukup umur) untuk disatukan menjadi bagian dari bangunan disebut dengan erection. Kegiatan ini merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan dalam pengaplikasian teknologi beton pracetak. 

Setiap pihak yang terlibat dalam proyek harus memahami benar pentingnya erection dan pengaruhnya terhadap faktor yang lain. Perancang menentukan dimensi dan berat dari komponen beton pracetak pada awal proyek.
Berat komponen tidak lebih dari 11 ton, termasuk komponen arsitektur dan strukturnya. Jika melebihi berat tersebut sebaiknya dibicarakan bersama dengan pihak lain yang terkait dalam pelaksanaannya, misalnya pihak transporter dan erector.
Erection Beton Pracetak Metode Vertikal Dan Horizontal
Proses penyatuan komponen beton pracetak menjadi satu kesatuan bangunan yang utuh dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:
-        Sistem struktur bangunan.
-        Jenis alat sambung yang akan digunakan.
-        Kapasitas angkat crane yangtersedia.
-        Kondisi lapangan.
Metode yang dapat digunakan dibedakan menjadi dua, yaitu metode vertikal (vertical method) dan metode horizontal (horizontal method).
Metode Vertikal
Erection dengan metode vertikal adalah kegiatan penyatuan komponen beton pracetak yang dilaksanakan pada arah vertikal struktur bangunan yang mempunyai kolom menerus dari lantai dasar hingga lantai paling atas, yang dengan cara demikian maka sambungan-sambungan pada lantai di atasnya harus dapat segera bekerja secara efisien.
Pada bangunan yang mempunyai ketinggian tertentu, selama proses erection harus ditambah/ditopang oleh struktur sementara (bracing) yang berfungsi untuk menahan gaya-gaya yang timbul selama erection. Pemasangan bracing ini pada umumnya tidak mengalami kesulitan. Namun demikian, hal ini membutuhkan waktu untuk pelaksanaannya sehingga akan menambah siklus waktu erection.
Komponen beton pracetak yang berbentuk panel/dinding disebut tilt-up construction Komponen ini dipasang dengan memiringkannya dan kemudian menegakkannya dengan ditopang oleh steel support. Pemasangan komponen ini termasuk vertical method karena sambungansambungannya harus segera dapat berfungsi secara efektif.
Metode Horizontal
Penyatuan komponen beton pracetak dengan metode horizontal adalah proses erection yang pelaksanaannya tiap satu lantai (arah horizontal bangunan). Metode ini digunakan untuk struktur bangunan yang terdiri dari komponen kolom precast dengan sambungan pada tempat-tempat tertentu.
Sambungan pada metode ini tidak harus segera dapat berfungsi sehingga tersedia waktu yang cukup untuk pengerasan beton. Sambungan yang cocok untuk metode ini adalah in-situ concrete joint.

0 komentar