Peralatan Erection Balok Girder Jembatan

December 13, 2018
Pengadaan alat bantu yang dibutuhkan untuk pengaplikasian teknologi beton pracetak di Indonesia selama ini tidak mengalami kesulitan yang berarti. Alat bantu yang digunakan untuk pemasangan adalah tower crane atau mobile crane dengan kapasitas angkat sampai dengan 2 ton. 
Tower crane dipilih karena kemampuan angkat dan jangkauannya, baik arah vertikal maupun horizontal. Dengan pertimbangan kapasitas angkat tower crane, kemampuan produsen untuk memproduksi komponen, kemampuan mode transportasi, kemampuan jalur kansportasi, maka berat maksimal satu unit komponen beton pracetak adalah 2 ton.
Kapasitas angkat mobile crane yang dimiliki salah satu produsen di Indonesia sampai dengan 20 ton sehingga jika pihak proyek menghendaki komponen pelat dengan panjang tertentu dan berat di atas 2 ton, maka hal tersebut masih mungkin dilaksanakan. Namun yang harus diperhatikan adalah kemampuan dan kemudahan pengadaan mode transportasi dan jalur transportasi menuju lokasi proyek.
Jadi, penentuan dimensi serta berat dari komponen beton pracetak didasarkan atas beberapa hal yang semuanya harus dipenuhi.
Alat bantu yang digunakan dalam mentransportasikan komponen beton pracetak ke Jlatbed truck adalah forklift dengan kapasitas lebih dari 2 ton. Jenis peralatan minimum yang harus tersedia dalam penerapan teknologi beton pracetak adalah forklift, tower crane/mobile crane.
Sedangkan alat pendukung lainnya adalah lifting tackel yang dipasang pada ujung angkat dari tower crane/mobile crane. Fungsi alat ini adalah untuk mengangkat komponen beton pracetak yang tujuan utamanya adalah untuk meratakan gaya angkat dari tower crane/mobile crane untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen.
Peralatan yang dibutuhkan untuk menyatukan komponen beton pracetak tergantung dari tinggi bangunan yang akan dilaksanakan, yang secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
Peralatan Erection Balok Girder Jembatan
Peralatan Pekerjaan Launching Girder
Bangunan tinggi dengan jumlah tingkat lebih dari 16 lantai peralatan yang dapat digunakan adalah:
-        Fixed tower crene.
-        Monorail system with Chicago boom.
-        Guy-derrick.
Bangunan menengah dengan jumlah tingkat lima sampai dengan enambelas lantai, peralatan yang dapat digunakan adalah:
-        Portable tower crane ataufixed tower crane.
-        Crawler crane (140 sanipai dengan 200 ton).
-        Rubber-tired truck crane (125 sampai dengan 140 ton).
Bangunan rendah dengan jumlah tingkat maksimum 4 (empat) lantai, peralatan yang dapat digunakan adalah:
-        Rubber-tired truck crane (50 sampai dengan 140 ton)
-        Hydro (sampai dengan 50 ton)
Peralatan erection dapat dikelompokkan berdasarkan kapasitas, kegunaan, serta kemampuannya dalam satu hari seperti tampak dalam Tabel berikut ini.

Type Of Crane Mobile Crane Tower Crane Climbing Crane Goliath Crane
Aplikasi One-off job Umum Point blocks tower blocks Slab blocks grat height heavy loads
Kapasitas angkat 30 ton 2-10 ton 2-10 ton 5-30 ton
Kemampuan memindahkan (buah/hari) 20-40 40-80 40-80 40-80

0 komentar