Soal Ujian Teknik Sipil PKN

December 27, 2018

Pendidikan kewarganegaraan menjadi salah satu pelajaran umum yang ada pada setiap jurusan di perguruan tinggi dan lainya terutama di jurusan teknik sipil. Postingan ini contoh dari soal latihan ujian teknik sipil dalam mata kuliah PKN. Berikut merupakan contoh soal dan jawaban-nya:

Soal Ujian Teknik Sipil PKN
Contoh Soal Dan Jawaban
1)   Sebelum digunakan sebagai dasar negara dan ditulis dalam pembukaan UUD 1945, pancasila mengalami perubahan/perkembangan redaksional. Sebutkan rumusan pancasila hasil sidang BPUPKI dan piagam Jakarta?
Jawaban:
Rumusan pancasila hasil sidang BPUPKI:
Dengan berdasar kepada: ke-Tuhanan, dengan kewajiban menjalankan syari'at Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat-kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Rumusan dengan penomoran
-        Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
-        Menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
-        Persatuan Indonesia
-        Dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat-kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
-        Dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Rumusan pancasila hasil sidang Piagam Jakarta:
Dengan berdasar kepada: ke-Tuhanan, dengan kewajiban menjalankan syari'at Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Rumusan dengan penomoran (utuh)
-        Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
-        Menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
-        Persatuan Indonesia
-        Dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
-        Serta dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
2)   Susunan sila dalam pancasila bersifat majemuk tunggal dan hirarkis. Jelaskan sifat-sifat tersebut dari sila ke-1 sampai sila ke-5?
Jawaban:
Piramidal digunakan untuk menggambarkan hubungan hierarki sila-sila dalam urut-urutan luas (kuantitas) dan juga dalam hal isi sifatnya (kualitas). Hierarkis yaitu pengelompokkan/ penggolongan.
Hal yang dimaksud dengan Pancasila bersifat Hierarkis dan berbentuk piramidal adalah dalam pancasila memiliki hubungan antara kelompok sila yang ada dalam pancasila dan bersifat erat. Pancasila yang terdiri dari 5 sila itu saling berkaitan yang tak dapat dipisahkan.
Dilihat dari intinya urut-urutan 5 sila menunjukkan suatu rangkaian tingkat dalam luasnya dan isi sifatnya merupakan pengkhususan dari sila-sila dimukanya.
-        Sila pertama menjelaskan bahwa pada sila pertama itu meliputi dan menjamin isi sila 2,3,4 dan 5. artinya dalam segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penyelenggaraan negara harus dijiwai nilai-nilai ketuhanan yang Maha Esa.
-        Sila kedua diliputi sila ke1 dan isinya meliputi sila ke 3,4 dan 5. sebagai makhluk tuhan yang beradab, maka segala hal yang berkaitnan dengan kehidupan bebangsa dan bernegara harus mencerminkan bahwa negara ini mempunyai peraturan yang menjujng tinggi harkat dan martabat manusia.
-        Sila ketiga diliput dan dijiwai sila ke 1,2 yang meliputi dan menjiwai isi dari sila 4 dan 5. Sila mempunyai makna bahwa manusia sebagai makhluk sosial wajib mengutamakan persatuan negara Indonesia yang disetiap daerah memiliki kebudayaan maupun beragam yang berbeda.
-        Sila ke 4 diliputi dan dijiwai sila 1,2,3 yang meliputi dan menjiwai isi dari sila ke 5. Sila ini menjelaskan bahwa negara Indonesia ada karena rakyat maka dari itu rakyat berhak mengatur kemana jalannya negara ini.
-        Sila ke 5 diliputi dan dijiwai olwh isi dari sila 1,2,3 dan 4. sila ini mengandung makna yang harus mengutamakan keadilan bersosialisasi bagi rakyat Indonesia ini sendiri tanpa memandang perbedaan-perbedaan yang ada.
3)   Secara mendasar pancasila berasal dan digali dari nilai-nilai sosial budaya bangsa Indonesia sendiri. Jelaskan nilai-nilai apa saja yang melandasi masing-masing sila tersebut.
Jawaban:
Sila Pertama:
Menunjukkan bahwa Tuhan adalah sebab pertama dari segala sesuatu, YangMaha Esa, dan segala sesuatu bergantung kepada-Nya, maka manusia Indonesia akanmengembangkan toleransi antarumat beragama, toleransi sesama umat beragama, dan toleransiantarumat beragama dengan negaranya.
Sila Kedua:
Manusia memiliki hakikat pribadi yang mono-pluralis terdiri atas susunan kodrat jiwa raga, serta berkedudukan sebagai makhluk pribadi yang berdiri sendiri dan makhluk TuhanYang Maha Esa.
Sila Ketiga:
Berupa pengakuan terhadap hakikat satu tanah air, satu bangsa dan satu negaraIndonesia, tidak dapat dibagi sehingga seluruhnya merupakan suatu keseluruhan dan keutuhan
Sila Keempat:
Menjunjung dan mengakui adanya rakyat yang meliputi keseluruhan jumlah semua orang warga dalam lingkungan daerah atau negara tertentu yang segala sesuatunya berasaldari rakyat dilaksanakan oleh rakyat dan diperuntukkan untuk rakyat.
Sila Kelima:
Mengakui hakikat adil berupa pemenuhan segala sesuatu yang berhubungandengan hak dalam hubungan hidup kemanusiaan. Nilai luhur yang terkandung didalamnyaadalah mencintai keadilan sosial, cinta kekeluargaan, suka bekerja keras, menghormatikedaulatan bangsa lain, dan menganggap bangsa lain sederajat
4)   Jelaskan perbedaan antara bangsa dan negara?
Jawaban:
Dari segi pengertiannya, bangsa merupakan sekelompok manusia dalam jumlah yang sangat besar yang mendiami suatu wilayah tertentu. Sedangkan negara adalah suatu organisasi yang terdiri atas sekelompok orang pada suatu wilayah yang berfungsi mengatur dan memiliki kekuasaan atas wilayah tersebut.
5)   Kewajiban apa saja yang harus ditunaikan oleh penduduk terhadap wilayah negara, serta hak-hak apa saja yang dapat diperoleh penduduk dari pemerintah?. Jelaskan
Jawaban:
Kewajiban warga negara:
a. Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi: segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
b. Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.
c. Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan: Setiap orang wajib menghormati hak asai manusia orang lain.
d. Wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang. Pasal 28J ayat 2 menyatakan : “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.”
e. Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945. menyatakan: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”
Hak Warga Negara Indonesia:
a. Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak: “Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” (pasal 27 ayat 2).
b. Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan: “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.”(pasal 28A).
c. Hak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah (pasal 28B ayat 1).
d. Hak atas kelangsungan hidup. “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang”.
e. Hak untuk mengembangkan diri dan melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya dan berhak mendapat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan hidup manusia. (pasal 28C ayat 1).
f. Hak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya. (pasal 28C ayat 2).
g. Hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum. (pasal 28D ayat 1).
h. Hak untuk mempunyai hak milik pribadi Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani,hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku.
i. Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi: segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
j. Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.
k. Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan: Setiap orang wajib menghormati hak asai manusia orang lain.
l. Wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang. Pasal 28J ayat 2  menyatakan : “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.”
m. Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945. Menyatakan: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”.
n. Dapat dikurangi dalam keadaan apapun. (pasal 28I ayat 1).
6)   Jelaskan pengertian bela negara?
Jawaban:
sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.
7)   Bagaimana pelaksanaan ham di Indonesia?
Jawaban:
Menurut saya pelaksanaan HAM di Indonesia masih belum sepenuhnya berjalan baik bahkan bisa dibilang sangat rendah kualitas pelaksanaan HAM di Indonesia.
8)   Beri penjelasan dari istilah-istilah berikut:
-        Geopolitik
-        Pancagatrademokrasi pancasila
-        Bhineka tunggal ika
-        Politik bebas aktif
Jawaban:
-        Geopolitik
Hubungan antara politik dan teritori dalam skala lokal atau internasional.
-        Pancagatrademokrasi pancasila
Ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan Hankam yang harus diusahakan dan senantiasai berproses.
-        Bhineka tunggal ika
Moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila.
-        Politik bebas aktif
Politik yang tidak memihak kepada suatu kekuatan mana pun yang tidak sesuai atau tidak sejalan dengan Pancasila, di mana dengan tidak memihak tersebut negara tetap aktif melakukan hubungan internasional dan kebijakan luar negeri, negara tetap ikut serta secara tanggap dalam segala permasalahan dunia yang ada.
9)   Hakikat demokrasi identik dengan kebebasan? Kebebasan seperti apa yang termasuk dalam koridor demokrasi?
Jawaban:
Salah satunya dari sekian banyak adalah Kebebasan mengemukan pendapat.
10)       Bagaimana pendapat anda tentang aksi unjuk rasa yang banyak terjadi di berbagai daerah dihubungkan dengan kehidupan demokrasi?
11)       Sebagai negara kepulauan, Indonesia telah meratifikasi hokum laut internasional yaitu UNCLOS (United National Convention On the Law Of the Sea) pada tahun 1985. Apa dampak implikasi bagi kedaulatan bagi sumber daya alam yang ada di wilayah NKRI. Jelaskan
12)       Kekayaan alam Indonesia sangat melimpah sehingga berpotensi meningkatkan ketahanan nasional terutama ketahanan ekonomi. Bagaimana azas pengelolaan/pemanfaatan sumber kekayaan alam tersebut guna mencapai ketahanan nasional yang tangguh?
13)       Bagaimana cara implementasi wawasan nusantara guna mewujudkan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi dan satu kesatuan pertahanan dan keamanan.
14)       Sebutkan jenis-jenis HAM yang berasal/berkembang di negara-negara liberal dan negara sosialia?
15)       Jelaskan bagaimana faktor sumber daya manusia dan sumber daya alam sebagai potensi kekuatan dalam bela negara dapat memperkuat ketahanan nasional?
Demikian contoh soal dan jawaban dari ujian teknik sipil mata kuliah PKN, semoga bisa membantu menyelsaikan masalah.

0 komentar