Dampak Terjadinya Banjir

June 23, 2019
Dampak atau risiko apa saja dari terjadinya banjir, postingan ini membahas Risiko banjir terhadap Bahaya Kehidupan, Risiko banjir terhadap Kerusakan Harta Benda, risiko banjir terhadap gangguan lalu lintas dan risiko banjir terhadap ekonomi. 
Risiko dan Ekonomi
Kalau frekuensi banjir atau interval kejadian dipilih untuk lokasi tertentu, para perencana mengartikan bahwa akibat-akibat yang diperkirakan dari banjir besar pada kehidupan, harta benda, lalu-lintas dan lingkungan tidak menentukan membangun bangunan lebih besar pada saat yang sama.
Risiko kerusakan besar timbul kalau banjir yang melampaui banjir yang direncanakan terjadi. Kerusakan dari banjir yang lebih kecil atau lebih sering harus sekecil mungkin dan dapat diterima.

Interval Berulang (tahun)
Rencana yang optimal yang memperhitungkan semua faktor sering ideal dan tidak dapat dibangun, karena kendala yang ditimbulkan dari keterbatasan anggaran, tetapi keadaan demikian tidak menghalangi para insinyur dari tanggung jawab profesionalnya untuk menghasilkan karya rancangannya yang baik.
Risiko
Risiko telah didefinisikan oleh beberapa penulis dalam istilah interval kejadian banjir melebihi besar yang telah ditentukan atau kemungkinan banjir besar tertentu dilampaui dalam salah satu tahun.
Kemungkinan faktor risiko merupakan istilah yang lebih tepat. Faktor risiko telah didefinisikan sebagai kemungkinan atau kecenderungan bahwa suatu baniir akan disamai atau dilampaui paling tidak satu kali dalam periode beberapa tahun.
Misalnya, perubahan dari banjir frekuensi 50-tahunan dalam periode 50 tahun sckitar 2 dari 3 kejadian.
Pemilihan frekuensi banjir rencana menurut risiko seperti didefinisikan di atas bukan merupakan jawaban tuntas.
Banjir 50-tahunan dapat dilampaui pada lokasi tertentu dengan kerusakan yang kecil, tetapi di lokasi lain, kejadian banjir dengan frekuensi yang sama mungkin menimbulkan bencana besar.
Baca:
Risiko dan pemilihan interval kejadian banjir rencana memerlukan evaluasi kemungkinan bahaya kehidupan, kerusakan harta benda dan terhentinya lalu-lintas.
1)  Risiko Bahaya Kehidupan
Bahaya kehidupan yang berkaitan dengan banjir jalan raya dapat terjadi kalau kendaraan dan penumpangnya tersapu dari jalan raya tergenang, jatuh dalam arus atau sungai karena kesalahan bangunan jalan raya, atau apabila tanggul jalan raya jebol dan mengakibatkan banjir dalam daerah hilir.
Sementara sulit untuk menilai pada kehidupan manusia, banjir potensial yang dapat menimbulkan bahaya pada kehidupan sehubungan dengan jalan raya harus diperhitungkan dengan hati-hati.
Juga jelas bahwa tidak selamanya layak ekonomis memperhitungkan semua kemungkinan banjir, tetapi hal ini tidak membuat para insinyur berhenti berusaha memberi bobot semua faktor sebelum membuat keputusan.
Faklor-faktor yang harus diperhatikan akan bahaya kehidupan termasuk kemungkinan terjadinya banjir pada masa datang dan kehancuran bangunan, lama, kedalaman dan kecepatan air banjir yang melanda, ketergantungan sistem atau alat penunjuk bahaya yang baik, tanda-tanda jalan, jarak panangan dan tersedianya jalan balik.
2)  Risiko Kerusakan Harta Benda
Harta benda yang digunakan di sini, menunjukkan setiap harta benda, apakah perseorangan atau masyarakat, termasuk air banjir yang berpotensi menghancurkan dalam kaitannya dengan jalan raya atau sarana drainasenya.
Kerusakan pada harta benda seperti itu termasuk erosi tanggul jalan raya, kehilangan bangunan jalan raya, dan merusak harta benda sekelilingnya.
Kerusakan harta benda jalan raya mengakibatkan biaya perbaikan dan kadang-kadang mencakup biaya penggantian bangunan.
Biaya-biaya tersebut harus didaftar dalam perkiraan yang terperinci dan diperhitungkan dalam memilih frekuensi yang direncanakan.
3)  Risiko Gangguan Lalu-Lintas
Apabila sebagian jalan raya ditutup akibat banjir, perjalanan orang bepergian melalui jalan itu terhenti dan tertunda. Terhentinya lalu-lintas selalu merupakan kejadian yang gawat.
Kegawatan peristiwa dapat dievaluasi dengan memperhitungkan volume lalulintas di tempat bersangkutan, terjadinya penundaan lalu-lintas, tersedianya jalur pengganti, dan pentingnya seluruh jalur, termasuk adanya kelengkapan pertolongan darurat.
Kemacetan dan penundaan singkat akibat banjir kadang-kadang dapat dimaklumi. Misalnya, banjir yang berlangsung singkat dari jalan raya kurang ramai dapat diterima, atau kalau banjir berlangsung lama dan ada jalur pengganti didekatnya yang bermutu baik, maka banjir pada jalan raya ramai dapat diterima.
Pentingnya jalur untuk pertahanan nasional dan kelangsungan ekonomi masyarakat dapat memainkan peranan penting dalam mengevaluasi risiko terhentinya lalu-lintas.
4)  Risiko Ekonomi
Para insinyur hendaknya tidak memisahkan antara hidrologi dan rancangan hidrolik, namun hendaknya memandang dua masalah tersebut secara bersamaan.
Beberapa frekuensi beserta debit puncak bersangkutan harus dipilih dan rancangan hidroliknya secara terpisah. Banjir dengan frekuensi yang dipilih dan rancangan hidrolik yang bersangkutan dibandingkan dengan pemberian bobot baik pada biaya maupun risikonya, sampai rancangan optimumnya tercapai.
Seperti ditunjukkan dalam Gambar, biaya tahunan bangunan drainase akan sangat tinggi seandainya banjir besar atau periode pengembalian yang tinggi digunakan untuk perancangan.
Demikian pula, dapat dilihat pada Gambar diatas, bahwa merencanakan banjir kecil yang sering terjadi dapat menjadi mahal, karena perbaikan yang mahal dan kerusakan harta benda juga akan tinggi.
Di antara kedua harga ekstrem tersebut diperkirakan terdapat rancangan yang ekonomis dan dapat diterima. Tabel dibawah menunjukkan pendekatan kualitatif dalam memilih frekuensi banjir.
Tabel Pemilihan Frekuensi Rencana Banjir

Faktor Tingkat 1 Tingkat 2 Tingkat 3
Kerusakan Non-Jalan Raya Rendah Sedang Tinggi
Kerusakan Jalan Raya Rendah Sedang Tinggi
Bencana Kehidupan Rendah Sedang Tinggi
Tinggi Banjir sampai 20 20-50 Lebih 50
Biaya Penggantian Rendah Sedang Tinggi
ADT < 100 100-750 .>750
Tersedia Jalan Balik Ya Jelek Tidak
Seksi Jalan Lintas Ya Nominal Tidak ada
Jumlah Banjir yang Tercatat Lebih dari Q50 Tidak ada Satu Beberapa
Jalan Raya Pertahanan Negara Tidak ada Tidak ada Ya
Pengaruh pada Ekonomi Lokal (Bis-bis sekolah, makanan, dan sebagainya) Rendah Sedang Tinggi
Pentingnya salah satu faktor atau gabungan faktor-faktor dalam tabel ini akan memberikan beberapa pedoman pada perencana untuk menggunakan frekuensi rancangan yang diketahui atau selang kejadiannya.

0 komentar