Pemeliharaan Eskalator Dan Travelator

February 20, 2019

Postingan ini menjelaskan pengertian eskalator, tipe-tipe eskalator serta bagaimana cara pemeliharaan-nya. Komponen yang sering ada di pusat perbelanjaan seperti mall menjadi salah satu bagian dari pemeliharaan komponen bangunan gedung. Paragraph dibawah ini merupakan pengertian dari eskalator.
Eskalator
Pemeliharaan Eskalator Dan Travelator
Tipe Eskalator
Eskalator  adalah  sarah  satu  transportasi  vertikal berupa  konveyor  untuk  mengangkut  orang, yang terdiri  atas  tangga  terpisah  serta dapat  bergerak  ke  atas  dan ke bawah  mengikuti jarur  yang  berupa  rair  atau rantai  yang  digerakkan  oreh motor.
Karena  digerakkan  oreh  motor  listrik,  tangga  berjalan  dirancang  untuk  mengangkut  orang  dari  bawah  ke  atas atau sebariknya. untuk jarak yang  pendek eskalator digunakan untuk mengangkut  pejalan kaki  apabila  dirasa menggunakan lift  tidak  praktis. 
pemakaiannya terutama  di daerah  pusat  perberanjaan, bandara, sistem  transit,  pusat konvensi, hotel,  dan fasliitas  umum  lainnya.
Keuntungan eskalator  cukup banyak, seperti  mempunyai kapasitas memindahkan  sejumlah  orang  daram jumrah besar  dan tidak  ada  interval waktu  tunggu  terutama  dijam-jam  sibuk  dan mengarahkan  orang  ke  tempat  tertentu  seperti ke pintu keluar,  pertemuan  khusus,  dan lain-lain.
Tipe Eskalator
Eskalator yang begitu-begitu saja ternyata memiliki berbagai tipe. Mungkin yang kita tau ialah yang sering kita lihat di mall, ternyata escalator Terdapat beberapa tipe, yaitu:
1.  Eskalator  biasa
Merupakan  tangga  yang  berjaran.  Hanya  cocok  untuk  orang  yang berjaran, tetapi  tidak  cocok  untuk  orang  yang membawa  troli  belanjaan maupun kursi  roda.
2.Travelator
Bentuknya  mirip ramp  berupa  sirkulasi dengan  bidang  yang  miring.  Namun, sifatnya  bergerak  sendiri  sehingga  cocok  untuk  orang  yang  membawa  troli belanjaan  maupun  kursi  roda.
Baca:
3.Tosway  (moving  walks)
Tosway bergerak  arah  mendatar, pada  umumnya  terdapat  pada bangunan bandara,  aquascape,  dan  lain-lain.
4.   Eskalator  dengan lntermediary  Flot-Running  Stretch
Merupakan eskalator  yang dipasang  pada  bangunan  dengan  jarak antar rantai  sangat  tinggi  sehingga setiap  jarak tertentu  diberi eskalator arahmendatar  (Intermediory Flat-Running Stretch).
Pemeliharaan Eskalator
Dijelaskan diatas dari mulai pengertian dan berbagai tipe escalator, pokok bahasan selanjutnya adalah mengenai pemeliharaan eskalator tersebut. Dibawah ini merupakan hal apa saja yang dapat dilakukan untuk pemeliharaan eskalator.
Pemeliharaan  pada eskalator  atau traverator  antara  lain:
1.   Pit harus dijaga  kebersihannya dan  bebas dari sampah,  debu,  dan  cecaran minyak.
2.   Step  dan  roller, molor, serta  peralatannya  harus  dirawat  dan  dilumasi secara  teratur  dengan jenis  pelumas yang  sesuai  dengan jenis dan mereknya.
3.   Ban  pegangan  yang  memperlihatkan tanda-tanda  retak,  atau putus, harus segera  diganti  dengan yang baru.
4.   Landasan dan  combplate  yang  rusak,  patah,  atau  retak  harus segera diganti  yang baru
5.   Tombol-tombol  yang terdapat  pada landasan  harus  berfungsi  dengan  baik, misalnya  emergency stop  tidak  boleh  macet.
Pemeliharaan komponen gedung sangatlah diperlukan untuk menjaga fungsinya alat tersebut, terutama pada komponen yang sering digunakan untuk memudahkan aktivitas manusia seperti eskalator. Postingan tentang pemeliharaan bangunan gedung akan terus berlanjut dengan komponen yang lainya.

0 komentar