Kumpulan Tugas Akhir Teknik Sipil

November 02, 2017
Menulis di perguruan tinggi sering mengambil bentuk persuasi meyakinkan orang lain bahwa Saudara memiliki sudut pandang yang menarik dan logis tentang subjek yang sedang Saudara pelajari. Persuasi adalah keterampilan yang Saudara latih secara teratur dalam kehidupan sehari-hari Saudara. Di kampus, tugas kursus sering meminta Saudara untuk membuat kasus persuasif secara tertulis. Saudara diminta untuk meyakinkan pembaca Saudara tentang sudut pandang Saudara. Bentuk persuasi ini, sering disebut argumen akademis, mengikuti pola yang dapat diprediksi secara tertulis. Setelah pengenalan singkat tentang topik Saudara, Saudara menyatakan sudut pandang saudara yang pada topik secara langsung dan sering dalam satu kalimat. Kalimat ini adalah pernyataan skripsi/tugas akhir, dan berfungsi sebagai ringkasan argumen yang akan Saudara buat di puncak pekerjaan akademis saudara.

Postingan ini berisi kumpulan skripsi/tugas akhir bidang Teknik sipil, tetapi sebelum itu saya menjelaskan apa pernyataan skripsi/tugas akhir, bagaimana pernyataan skripsi/tugas akhir bekerja dalam tulisan Saudara, dan bagaimana Saudara dapat menyusun atau menyempurnakan skripsi tersebut untuk rancangan Saudara.
Definisi Tugas Akhir/Skripsi
Kumpulan Tugas Akhir Teknik Sipil
Menurut saya Inti dari skripsi/tugas akhir adalah untuk mengeksplorasi pertanyaan yang belum diteliti, atau mendekati studi sebelumnya dari perspektif yang berbeda. Sementara definisi dari Wikipedia Tugas Akhir adalah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa setiap program studi berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan bimbingan dosen pembimbing. Tugas akhir merupakan salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa.
“Apa yang Saudara rencanakan untuk diperdebatkan + Bagaimana Saudara berencana untuk membantahnya = Skripsi”
Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil
Hal yang saya utarakan berkaitan dengan tugas akhir adalah coba kalian renungkan dengan matang, kuliah beberapa tahun mempunyai nilai bagus atau IPK bagus ataupun sebaliknya tapi karena ingin cepat lulus kemudian mengambil tugas akhir yang bisa dikatakan mudah, saya tidak mengatakan harus mengambil yang sulit ,ketika itu pilihan saudara dan pilihan saudara sendiri tanpa ada pikiran ingin cepat lulus atau karena waktu yang sudah habis, itu boleh saja, semua ornag bisa mentukan pilihanya masing masing.
Sebelum pada kumpulan tugas akhir, mungkin ada beberapa saran dari saya dalam menentukan judul skripsi yang diambil, berikut:
-        Konsentrasi yang saudara sukai
-        Mempunyai referensi
-    Lebih bagus ada teman yang mengambil judul atau permasalahan di konsentrasi yang sama.
Dalam pengerjaanya skripsi akan memakan waktu beberapa bulan atau bahkan lebih, dibawah ini merupakan perihal yang harus anda ketahui dan apa saja yang harus saudara lakukan dalam mengerjakan tugas akhir/skripsi agar memperoleh hasil yang maksimal, berikut:
1)  Mengapa Menulis Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/tugas akhir merupakan puncak dari pekerjaan akademis dan hal terbaik dimana keahlian saudara yang harus saudara perlihatkan. Skripsi/tugas akhir juga merupakan puncak kemampuan Saudara untuk menulis dan meneliti yang akan memiliki dampak besar pada kemampuan kerja. Dalam mempertimbangkan pekerjaan, Saudara harus matang dalam memilih topik skripsi/tugas akhir Saudara.
2)  Bagaimana Memilih Topik Skripsi/Tugas akhir
Sebelum memilih topik skripsi/tugas akhir, Saudara harus memiliki hati ke hati dengan diri Saudara sendiri. Apa yang ingin Saudara lakukan setelah lulus kuliah dan menjadi sarjana. Sesuaikan skripsi/tugas akhir Saudara dengan bidang yang ingin Saudara kerjakan, untuk bidang Teknik sipil misalnya mencakup pekerjaan yang sanagt luas seperti struktur, lingkungan, baik itu perencanaan maupun pengawasan. Pada pekerjaan struktur juga ada struktur Gedung, jembatan dan masih banyak item lainya, lebih efektif jika saudara mengerjakan skripsi/tugas akhir perecanaan struktur Gedung tentu ketika didunia pekerjaan tidaklah begitu asing dalam hal merencanakan struktur Gedung, saudara sudah terbayang jenis beban dan perhitungan item Gedung tersebut, selain itu Saudara harus tertarik dengan topik Saudara, intinya Saudara akan berinvestasi sebagian besar hidup Saudara/ waktu saudara untuk beberapa bulan ke depan dalam meneliti itu.
3)  Bagaimana cara saya membuat skripsi/tugas akhir?
Skripsi/tugas akhir adalah hasil dari proses berpikir yang panjang. Merumuskan skripsi/tugas akhir bukanlah seperti mengerjakan tugas esai. Sebelum Saudara mengembangkan argumen tentang topik apa pun, Saudara harus mengumpulkan dan mengatur bukti, mencari kemungkinan hubungan antara fakta yang diketahui seperti perbedaan atau persamaan yang mengejutkan. Setelah Saudara melakukan pemikiran ini, Saudara mungkin akan memiliki gambaran untuk skripsi/tugas akhir seperti ide dasar atau dargumen yang Saudara pikir dapat Saudara dukung dengan bukti. Dalam mengerjakan skripsi apalagi pada bidang Teknik sipil saudara harus melakukan penyesuaian sepanjang jalan, harus menggunakan semua jenis teknik untuk menstimulasi pemikiran mereka dan untuk membantu mereka memperjelas apa yang akan anda permasalahkan, apa yang akan anda urai dalam skripsi tersebut.
4)  Bagaimana saya tahu apakah skripsi/tugas akhir saya kuat?
Dengan melakukan bimbingan yang rutin kepada dosen yang bersangkutan akan memudahan saudara dlam mengerjakan skripsi/tugas akhir tersebut, atau dengan teman yang lain yang memiliki topik/judul dalam konsentrasi yang sama, Bahkan jika Saudara tidak punya waktu untuk mendapatkan saran di tempat lain.
Saudara dapat melakukan evaluasi skripsi/tugas akhir Saudara sendiri. Saat meninjau draf pertama Saudara dan skripsi/tugas akhirnya, tanyakan pada diri Saudara hal-hal berikut:
5)  Apakah saya menjawab pertanyaan itu?
Membaca kembali draft dan membuat pertanyaan setelah menyusun skripsi/tugas akhir kerja dapat membantu Saudara memperbaiki argumen yang mendekati fokus pertanyaan.
6)  Sudahkah saya berada pada posisi dengan argument yang mungkin ditentang orang lain atau dosen penguji?
Jika skripsi/tugas akhir Saudara yang anda kemukakan dan dosen yang bersangkutan tidak setuju dengan hasil pekerjaan anda, mungkin saja Saudara hanya memberikan ringkasan, daripada membuat argument, maka dari itu anda harus memiliki argument yang kuat untuk mempertahankan skripsi saudara.
7)  Apakah pernyataan skripsi saya cukup spesifik?
Pernyataan skripsi yang terlalu kabur seringkali tidak memiliki argumen yang kuat. Jika skripsi/tugas akhir Saudara mengandung kata-kata seperti "bagus" atau "berhasil," lihat apakah Saudara bisa lebih spesifik.
Kumpulan Tugas Akhir/Skripsi Teknik Sipil
Apa kalian sudah memikirkan dan mempunyai rencana tugas akhir apa yang akan kalian ambil? sangat banyak karya ilmiah yang dapat disusun oleh mahasiswa sesuai dengan konsentrasinya masing masing ada gedung jalan dan jembatan atau bendungan, ada sebagian juga yang memilih untuk melakukukan penelitian di laboratorium dengan campuran beton dengan jenis lainya. Berikut ini contoh judul daftar tugas akhir/skripsi Teknik sipil yang mungkin beberapa yang saya tuliskan :
Laboratorium/Teknologi Bahan Konstruksi
-        Perbandingan kekuatan berbagai jenis semen.
-  Pengaruh geotekstil pada angka permeabilitas tanah pasir dengan kepadatan yang berbeda
-        Pengaruh Polymer terhadap karakteristik campuran beraspal panas
Struktur
-        Konsep terowongan terapung; desain dan konstruksinya.
-        Perhitungan Teknis Perencanaan dinding penahan Tanah
-        Perencanaan Struktur gedung Telkomsel
-        Perencanaan Struktur Rumah Sakit dengan Konstruksi Dinding Geser
-        Efek gempa bumi pada struktur atau bangunan tertentu.
-        Perencanaan Struktur Rumah Susun
-        Perencanaan Gedung Ruko 3 Lantai Di Kota Mojokerto
-        Desain Dan Konstruksi bendungan.
-        Perencanaan Struktur Gedung Perkuliahan Di Jepara
-        Konstruksi dan desain gedung pencakar langit.
-        Perencanaan Bangunan tahan api.
-        Perencanaan Struktur Rumah Sakit Bersalin Di Tegal
Jalan Dan Jembatan
-        Pembangunan jalan raya atau beberapa sarana transportasi lainnya.
-        Konstruksi Jalan; aspal versus beton.
-        Perhitungan Jembatan Pelat
-        Perencanaan Teknis perjitungan struktur jembatan kayu
-        Perhitungan Pier Tipe Kolom Tunggal
-        Desain dan konstruksi jembatan cable stayed
-        Redesain Jembatan Beton Prategang Menggunakan Box Girder
-        Perhitungan Struktur Fly Over
-        Studi Rawan Kecelakaan Lalu lintas Jalan Gatot Subroto
-   Pengaruh Beban Berlebih Pada Truk Terhadap umur Rencana Perkerasan Lentur
Manajemen Konstruksi
-    Analis Ekonomi Dan Rencana Jalan Tol Kertosono-Mojokerto Dengan Metode Rasio Manfaat Biaya.
-       Analisis waktu penggantian alat berat Jenis Loader dengan metode Least Cost
Lain-Lain
-        Pengembangan sistem tenaga angin.
-        Penanganan limbah
-        Desain dan analisis atau pembangkit listrik.
-        Perbandingan Kepemilikan Mobil dan Motor Rumah Tangga Di Kota

0 komentar