Penerangan Luar Ruangan

May 23, 2019
Penerangan luar ruangan diantaranya penerangan lapangan olah raga, penerangan taman dan penerangan jalan raya yang akan dibahas di blog ini merupakan bab terakhir dari catatan situs teknik sipil perihal teknologi pencahayaan.
Di postingan dibawah ini akan dijelaskan terlebih dahulu secara umum maupun secara teknis apa yang dimaksud dengan penerangan luar ruangan, berikut ini merupakan pembahasanya.
Penerangan Luar Ruangan
Penerangan luar dimaksudkan agar diperoleh penerangan yang cukup pada cuaca gelap, aktifitas ekonomi tetap dapat dilakukan, mengurangi vandalisme dan tindakan kriminal.
penerangan luar ruangan
Gambar
Penerangan luar mempunyai karakteristik yang berbeda dengan penerangan dalam ruangan yang dibahas pada tulisan sebelumnya. Pada penerangan luar ruangan faktor pengaruh lingkungan sangat perlu diperhatikan.
Pengotoran pada suatu sumber penerangan maupun kemungkinan besar terkena air. Karena itu penerangan luar ruangan umumnya menggunakan armatur dengan memperhatikan perlindungan internasional (International Protection = IP) disamping kekuatan mekanisnya.
IP armatur untuk penerangan luar umumnya 32. Debu dan pengotor lainnya dapat menyebabkan penurunan efisiensi penerangan 20 hingga 50% per tahun.
Hal Yang Perlu Mendapatkan Perhatian
Pada prinsipnya semua penerangan luar sama yang membedakan adalah penggunaannya. Berkait dengan penerangan luar ruangan beberapa hal perlu mendapatkan perhatian, antara lain Faktor reflektansi umumnya diabaikan, kecuali jika permukaan lapangan dan struktur untuk area khusus yang pantulannya benar-benar harus diperhitungkan.
Suatu penerangan luar memungkinkan dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan. Contoh pada penerangan untuk olah raga penerangan diperuntukkan pemain, wasit, penonton, dan sekaligus kamera. Masing-masiug memerlukan faktor visual yang berbeda.
Baca:
Obyek vertikal (misalnya bola lambung pada sepakbola, atau papan iklan). Dalam hal sepak bola atau tenes, tampilan permukaan bola sangat penting diperhitungkan. Contoh pemain tenes lebih penting memperhatikan sisi depan bola dibanding permukaan atas bola.
Pada penerangan luar tidak ada standar sudut pandang tertentu. Pada umumnya pandangan untuk semua arah. Persoalannya bila luminansi diperbesar silau beltambah.
Umumnya obyek yang diterangi bergerak. Papan iklan merupakan salah satu obyek yang tidak bergerak. Pada umumnya kuat penerangan luar ruangan lebih rendah dibanding dengan penerangan pada bangunan.
Keamanan harus mendapatkan perhatian serius. Contoh kasus, rendahnya kualitas penerangan pada arena balapan motor membahayakan pembalap, penerangan yang tidak memadai pada jalan bebas raya membahayakan pemakai jalan, pencahayaan pada landasan pacu lapangan terbang yang tidak memadai membahayakan pendaratan pesawat terbang.
Pemasangan Penerangan Luar Ruangan
Pemasangan penerangan luar ruangan yang dimunggkinkan ada 3, yaitu dipasang pada sisi tiang (contoh, pemasangan lampu penerangan jalan), dipasang di puncak tiang (contoh, penerangan pada halaman atau taman), digantung (contoh, penerangan jalan lokal atau jalan gang).
Demikian pembahasan dari materi Penerangan luar ruangan, untuk di tulisan berikutnya dijelaskan apa saja yang meliputi penerangan luar ruangan seperti penerangan taman, penerangan lapangan olahraga, penerangan jalan raya, dan penerangan lapangan terbang.

0 komentar