Merencanakan Penerangan Taman

May 24, 2019
Penerangan taman diperlukan dan semestinya direncanakan ketika membuat denah taman tersebut. Taman yang baik dan indah artinya memiliki spot yang bagus untuk berfoto dan fungsional dalam hal fasilitas yang berada di taman tersebut bisa digunakan, seperti hal-nya dari segi tata letak meliputi tempat duduk, area pedagang, bermain anak, air mancur atau monument.
Mungkin tidak semua taman terdapat monumen dan air mancur, tetapi tentu setiap taman memerlukan penerangan yang baik, tulisan ini membahas bagaimana cara merencanakan penerangan taman dengan baik, pembahasan diantaranya jenis lampu taman yang digunakan dan bagaimana sudut arah penyorotan lampu tersebut jika terdapat monument dan air mancur.
Penerangan Taman
Seringkali untuk taman digunakan TL sebagai sumber penerangan karena paling murah dibanding lampu pelepasan gas lainnya. Bila yang digunakan lampu pijar seperti lampu halogen yang umumnya menggunakan armatur baur (difus) yang terbuat dari akrilik atau gelas baur yang dipasang pada puncak atau sisi tiang.
Lampu natrium baik SOX maupun SON tepat untuk taman kota yang luas dengan pemasangan lampu pada sisi tiang.
Jika Taman Terdapat Air Mancur
Air mancur pada taman kadang dilengkapi dengal lampu sorot baik yang dipasang di bawah maupun di atas permukaan air. Lampu sorot yang dipasang di dalam air armaturnya harus kedap air dan terisolasi dengan baik sedangkan untuk armatur di atas permukaan air harus mampu melindung lampu terhadap percikan.
Jika Taman Terdapat Monumen
Kalau pada taman terdapat monumen maka penyorotannya disesuaikan dengan relief monumen sehingga tampilan monumen lebih anggun. Distribusi cahaya untuk monumen tidak perlu merata sehingga terjadi bayangan pada bagian monumen yang disorot.
Model lampu sorot untuk monumen seperti ditinjukan pada gambar dibawah.
Salah Satu Model Lampu Sorot Untuk Monumen
Salah Satu Model Lampu Sorot Untuk Monumen
Berdasar pertimbangan estetika maka direkomendasikan penyorotan bangunan monumen yang kecil menggunakan kuat penerangan tinggi sebaliknya untuk monumen yang besar diperlukan kuat penerangan rendah seperti ditunjukan pada tabel.
Tabel rekomendasi kuat penerangan untuk lampu sorot dan objek

Jenis dan situasi obyek lampu sorot Kuat penerangan rata (Lx)
Bangunan besar yang berdiri sendiri atau monumen bangunan disekitar jalan atau taman), dengan situasi: 3 hingga 6,5
Sekelilingnya gelap 6,5 hingga 10
Sekelilingnya sedang 10 hingga 13
Sekelilingnya terang 13 hingga 16

Untuk monumen kecil digunakan lampu sorot dengan reflektor parabola tidak silindris sehingga cahaya sebelum dan sesudah dipantulkan tidak menyebar (menggunakan lampu pijar) atau terfokus sedangkan untuk sorot cahaya yang menyebar digunakan reflektor parabola silindris (menggunakan lampu berbentuk barang, antara lain TL, lampu metal halida).
Arah penyorotan terhadap bangunan atau monument ±450 dari arah pandang tegak lurus muka bangunan dengan demikian menimbulkan bayangan pada bagian muka monumen tersebut.
Penyorotan dilakukan hanya dari satu sisi bangunan sehingga rasio penerangan pada bagian muka gedung tidak sama (satu sisi lebih gelap dari sisi lainya). Sedangkan urrtuk monumen berupa patung (permukaan tidak rata) penyororan dapat dilakukan dari beberapa arah.
Penerangan luar ruangan dan penerangan taman telah dibahas pada blog ini, untuk postingan berikutnya masih sama hal-nya dengan penerangan namun ini merupakan penerangan lapangan olah raga, seperti sepak bola dan lapang tenis.

0 komentar