Pengertian Dan Pelaksanaan Launching Gantry

May 18, 2020

Salah satu tahap pembangunan Tol 6 Ruas Dalam Kota, terdapat proses pengangkatan Box Girder yang menggunakan Launching Gantry.

Apakah launching Gantry itu?

Launching Gantry adalah alat angkat khusus yang digunakan dalam konstruksi jembatan pemasang girder pracetak.

Bagaimana Proses perakitan launching Gantry dalam kota?

Proses perakitan Launching Gantry pada proyek pembangunan Tol 6 Ruas Dalam Kota diawali dengan mendatangkan komponen rangka utama (main truss) ke lapangan.

Setibanya di lapangan, main truss akan ditempatkan di atas pier menggunakan alat bantu crane.

Apa funsi dari winch Trolley??

Launching Gantry memiliki bagian yang disebut Winch Trolley atau rangkaian bergerak di atas rel longitudinal dan berfungsi mengantarkan Girder dari titik pengangkatan ke titik pemasangan.

Pelaksanaan Launchung Gantry
Pelaksanaan Launching Gantry

Metode Konstruksi Jembatan

Metode Launching Gantry adalah metode yang digunakan untuk balok dari hasil precast dan bukan dari hasil pengecoran in situ.

Pengecoran in situ adalah beton yang dibuat dalam bekisting di lokasi pembangunan. Perihal pembahasan pengecoran in situ dan precast dijelaskan pada postingan:

Pada metode ini digunakan satu buah gantry atau lebih yang digunakan sebagai peluncur segmen box girder yang ada.

Baca:

Metode konstruksi jembatan Launching Gantry biasanya dipakai untuk konstruksi jembatan dimana lantai jembatannya berupa struktur beton precast segmental-box, maka penggunaan alat launching gantry umumnya dapat digunakan.

Untuk pekerjaan yang lokasi proyek nya berada di pusat kota yang memiliki lalu lintas padat sistem launching gantry sangat efektif karena mempunyai kecepatan erection tinggi yang didukung sistem feeding segmental dari sisi belakang alat.

Kelebihan Metode Lannching Gantry

-    Metode Launching Gantry tidak mengganggu lalu lintas yang berada di bawah pelaksanaan pekerjaan jembatan atau jalan layang.

-  Kelebihan yang kedua tidak memerlukan banyak tenaga kerja untuk pemasangan atau instalasi di lapangan diakrenakan hamper menggunakan alat hydrolik.

-  Metode Launching Gantry tidak memerlukan perancah, karena jarak dari permukaan tanah tidak begitu tinggi.

Langkah Langkah Pelaksanaan Metode Konstruksi
Launcing Gantry

1)   Pertama, semua pilar jembatan ditempatkan di lokasi yang dijadikan sebagai penyokong launching gantry.

2)  Baja pada launching gantry digerakkan dan mempunyai derek untuk penempatan beton.

3) Memindahkan segmental blok. Pemindahan segmental blok ke bangunan cukup mudah karena segmental blok dibuat dengan berat tertentu dan rata – rata dalam ukuran kecil.

Alat transport yang biasanya digunakan adalah truk yang digunakan untuk mengantar segmental blok melalui jalan atau menyeberangi bangunan jembatan yang hampir jadi.

4)  Segmental blok selanjutnya diputar 90 derajat dari posisi semula dan di puncaknya diberi selang air.

Selang air ini digunakan untuk menentukan apakah segmental blok berrada pada posisi yang benar.

5)  Semua segmental blok diletakkan pada launching gantry setu per satu sampai rentangannya lengkap.

6)  Salah satu sisi jembatan kemudian diberi tendon baja di segmental bloknya yang kemudian ditarik.

7) Kabel – kabel baja tadi kemudian diberikan semacam pemberat. Launching gantry kemudian dipindahkan ke sisi jembatan yang akan dibangun.

8)   Terakhir ujung dari tendon ditanam.

Jenis-jenis Metode Launching Gantry

1)   Metode Span by Span

2)   Balance Cantilever

Bagian-Bagian Gantry Crane

1)  Roller

Roller merupakan bagian dari gantry yang berfungsi sebagai pijakan yang menghubungkan gantry dengan pier.

2)  Leg

Leg gantry atau dapat disebut juga sebagai kaki dari gantry yang memiliki 2 buah kaki, yaitu kaki depan dan kaki belakang.

Kaki tersebut berguna ketika akan melaksanakan launching, kaki tersebut menyangga gantry ke segmen jalan layang non- tol ketika roller dipindahkan kedepan.

3)  Winch

Winch atau disebut juga dengan Lifting Winch berfungsi sebagai alat pengangkut benda-benda yang dibutuhkan. Sistem katrol dipakai untuk memindahkan material.

Mekanisme Pelaksanaan Launching Gantry

-        Instalasi Launching Gantry

Fase awal dimana Launcher Gantry terinstalasi di bagian atas jembatan. Pondasi Launcher Gantry bertumpu segaris pada pondasi jembatan.

-        Ereksi Launching Gantry

Berikutnya, Launcher meluncur kedepan untuk memosisikan tumpuan pada pondasi berikutnya.

-        Pemindahan Tumpuan Utama (Primary Support)

Primary Support dari Launcher bergerak ke pondasi jembatan berikutnya sebagai tumpuan pengangkat muatan.

-        Memindahkan struktur

Terakhir, Launcher mengangkat bagian jembatan dari bawah untuk di pasang dimulai dari ujung pondasi sampai ketengah atau dari ujung pondasi sampai pondasi berikutnya.

Keuntungan dan Kelemahan Metode Launching Gantry

Keuntungan

-    Berat sendiri yang ringan serta kemampuan membawa beban yang besar. Hal ini dikarenakan Launcher Gantry memiliki struktur rangka batang sehingga menciptakan struktur yang rigid sehingga mampu membawa beban yang cukup besar.

-   Perletakkan launcher gantry dan Winch yang fleksibel. Perletakkan launcher gantry yang fleksibel dapat meningkatkan efektivitas dalam pengerjaan sebuah struktur jembatan.

-  Sambungan antar Launcher Gantry yang sederhana dan handal. Sambungan yang sederhana memudahkan dalam perakitan launcher gantry sehingga waktu yang dibutuhkan untuk merakit Launcher Gantry tergolong cepat.

Kelemahan

-    Membutuhkan lahan yang cukup luas dikarenakan ukuran Gantry yang cukup besar dan banyak memakan tempat.

-    Membutuhkan kondisi lahan rata sebagai dasar perletakan Gantry. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan Gantry supaya tidak terjadi pergeseran Main Girder Gantry pada saat proses pengangkatan.

0 komentar