Keuunggulan Produk Precast Concrete (Beton Pracetak)

June 12, 2020

Sebelum pandemic covid19 konstruksi di Indonesia begitu pesat terutama pembangunan infastrukstur. Kementrian PUPR membangun Tol di beberapa pulau dan dalam pengerjaannya pada konstruksi jalan raya atau tol menggunakan alat seperti gambar dibawah ini. 

Alat Cetak Produk Precast Concrete (Beton Pracetak)

Ada yang tau alat bersebut berfungsi untuk apa?

Alat di atas merupakan alat pencetak beton yang biasa digunakan untuk membuat selokan, trotoar, hingga tembok pembatas jalan.

Dengan kecanggihan tersebut, urusan cetak-mencetak beton dapat bekerja secara fleksibel.

Alat ini memiliki bagian seperti lengan yang dapat bergerak secara hidrolik berfungsi untuk mengalirkan beton ke bagian bawah lengan yang telah terpasang cetakan.

Cetakan dapat dilepas dan dipasang kembali sehingga yang sesuaikan dengan bentuk hasil cetakan seperti apa yang diinginkan. Kini, pekerjaan mencetak beton dapat dikerjakan secara otomatis dan cepat.

Membahas tentang alat cetak beton ada yang mengunakan teknologi terkini seperti Precast Concrete (Beton Pracetak) dan teknologi sebelumnya yaitu konvensional Cast In Situ Concrete yaitu beton dicetak di tempat/lokasi proyek.

Produksi Precast Concrete (beton Pracetak)

Tulisan ini membahas Precast Concrete (beton Pracetak)………

Di Indonesia banyak perusahaan BUMN dan Swasta yang memiliki produksi Precast Concrete (Beton Pracetak).

Teknologi terkini yang begitu canggih dengan mesin otomatisnya dapat menghasilkan produk seperti:

-      Komponan jalan dan jembatan

-     Komponen Gedung Dan Struktural, Produknya seperti hollowcore Floor panel.

-  Drainase, produk drainase seperti U-Ditch (saluran terbuka), Box Culvert, Concret Pipe, L Shaperd Precast, dll

-   Arsitektural, produk arsitektural seperti bangku taman, Kanstin (untuk sarana jalan dan taman

-      Dan hunian

Dengan pengerjaan di pabrik beton pracetak bisa di pesan/order oleh pemilik proyek maupun kontraktor sesuai pesanan bentuk bisa standar, custom maupun kebutuhanya.

Keuntungan Beton Precast (Beton Pracetak) Dibanding Beton Konvensional (Cast In Situ)

Beton precast (beton pracetak) memiliki banyak keuntungan dibandingkan beton konvensional atau cor di tempat (cast in situ).

Beberpa keuntungan nya dari segi teknik cetak (casting), biaya dan harga beton, kebutuhan tenaga dan peralatan, waktu dan kekuatan serta sistem struktur dan arsitektur.

Teknik Cetak (casting)

Dalam pengecoran kondisi cuaca berpengaruh tetapi tidak jika precast concrete (beton pracetak) karena dikerjakan di pabrik sehingga memiliki lingkungan yang lebih terkontrol seperti campuran, penempatan dan pengawetan.

Biaya & Harga Beton

Jika pesanan precast concrete (beton pracetak) seragam maka biaya yang dikeluarkan lebih murah

Kebutuhan Tenaga Dan Peralatan

Berbicara kebutuhan dan peralatan precast concrete (beton pracetak) lebih sedikit membutuhkan tenaga kerja karena banyak menggunakan peralatan hydraulic, alat berat dan lainya.

Waktu Dan Kekuatan

Karena precast concrete (beton pracetak) dibuatnya di pabrik sehingga kekuatan uji di lokasi tidak diperlukan lagi, dari segi waktu tentu precast concrete (beton pracetak) lebih cepat karena tingal melakukan pemasangan di lokasi proyek dan tidak perlu untuk mendapatkan kekuatan.

Dan perlu diketahui precast concrete (beton pracetak) peningkatan kekuatan dapat dicapai dengan proses curing yang dipercepat.

Sistem Struktur dan Arsitektur

Precast concrete (beton pracetak) pada sistem strukturnya banyak sekali sambungan, seperti contoh jika jembatan memiliki panjang bentag 25 meter kemudian menggunkan precast concrete (beton pracetak) girder yang tiap panjang nya 5 meter maka akan ada 5 sambungan.

Dan pada sambungan tersebut harus diperhatikan dengan cermat karena akan menjadi sangat kritis terutama di daerah yang memiliki kekuatan angina besar dan gempa dominan.

Finishing

Finishing Precast concrete (beton pracetak) permukaanya lebih halus daripada beton konvensional (cast in situ) jadi precast concrete (beton pracetak).

0 komentar