Helm Proyek Dilengkapi Pendingin

June 13, 2020

Apa hal pertama yang terbayang dalam pikiran tentang lokasi proyek? Pasti ngga jauh-jauh dari panas, gerah dan berdebu. Berada di lokasi proyek sepanjang hari dengan suhu udara yang panas pasti tidak terasa nyaman

Tidak cuma di Indonesia saja, di beberapa negara yang memiliki empat musim, seperti Jepang misalnya, suhu udara saat musim panas bisa mencapai 40⁰C.

Helm proyek merupakan salah satu Alat Pelindung diri (APD) yang berfungsi sebagai keselamatan bekerja saat berada di lokasi proyek.

Helm Proyek Dilengkapi Pendingin

Merasa kurang nyaman untuk bekerja karena panas, supek, keringetan dan lainya kini untuk mengurangi masalah yang dialami pekerja proyek ada solusi helm dengan kipas pendingin.

Desain Helm Proyek Dengan Pendingin

Helm ini idesain khusus untuk para pekerja lapangan, sehingga mempunyai bentuk dan cara kerja yang sederhana.

Terdapat dua buah perangkat yaitu kipas dan tabung berisi silicon pendingin yang terdapat pada bagian belakang helm.

Saat memakai helm, kipas pendingin akan berada di bagian bawah belakang helm dan di bagian atas kipas terdapat tabung kecil berisi silikon yang berfungsi sebagai penyejuk.

Tenaga penggerak kipas berasal dari baterai kecil di dalamnya. Untuk mengaktifkannya, cukup dengan memencet tombol pada bagian bawah kipas, dan hembusan udara dingin akan terasa menyejukan kepala selama bekerja.

Jika daya baterai kipas telah habis, cukup dengan mengisi ulang daya selama 6 jam, maka kipas sudah dapat digunakan kembali untuk 18 jam.

Dan ngga perlu takut kepala cepat lelah karena keberatan, helm ini beratnya hanya 921 gram.

Dengan adanya helm berpendingin yang focus pada area kritis dikepala dapat mengurangi dampak negatif pada kepala dari panas yang berlebihan.

Apakah Helm Proyek Yang dilengkapi Pendingin akan sedingkin Kulkas

Zaman serba canggih helm masa kini pun dilengkapi teknologi fitur pendingin dari kipas angin maupun AC. Tapi apakah akan sedingin kulkas? Tentu saja tidak.

Helm yang dilengkapi kipas angin hanya untuk mengurangi gerah di area kepala sehingga bekerja lebih terasa nyaman dan fokus.

Asal muasal helm proyek berpendingin ini saya membaca salah satu berita, di rubrik inovasi dan konstruksi tersebut menyebutkan masyrakat jepang membuat helm berpendingin. Karena seperti yang dituliskan di awal tulisan ini bahwasanya jepang memilki cuaca yang panas juga.

Tetapi tidak hanya di jepang Amerika serikat dan Indonesia juga pernah menciptakan helm dengan fitur pendingin, meskipun dengan kebutuhan helm untuk berkendara sepeda motor.

Helm pendingin di Amerika Serikat menggunakan teknologi thermoelectric dikombinasikan dengan teknologi tubular spacer fabric dengan suhun sanggup mencapai 10-15 derajat Celsius yang dikenal dengan Feher Helmet.

Dengan menggunakan dua kipas kecil Konsep Feher ini menciptakan pendinginan di atas sistem vaskular pada kulit kepala, sehingga menghasilkan rasa dingin secara keseluruhan.

Di Indonesia ada Linus Nara Pradana bocah 13 tahun mempunyai ideu membuat helm berpendingin yang awal nya merasa kasihan kepada ayahnya kepanasan saat berpergian naik sepeda motor.

Dengan beragam percobaan akhirnya ideu tersebut bisa ter realisasikan dan anak yang masih berseragam sekolah dasar di bali tersebut mendapatkan lomba inovasi dan beragam penghargaan.

Itulah beberapa helm masa kini yang dilengkapi pendingin dan khususnya untuk pekerja konstruksi helm tersebut pun tersedia. Sekian tulisan ini, buat pembaca sehingga tau bahwa ada helm berpendingin itu yang bisa digunakan sebagai salah satu Alat Pelindung Diri (APD) di lapangan. Helm dengan multifungsi tidak hanya melindungi, tetapi juga menyejukan kepala.

0 komentar