Klasifikasi Sub Klasifikasi Pekerjaan Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi

October 14, 2020

SBU singkatan dari sertifikasi badan usaha merupakan dokumen yang diterbitkan oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) melalui Asosiasi Badan Usaha.

Dalam postingan ini akan membahas perihal SBU kontraktor, dan untuk SBU Konsultan Perencana & Pengawas Konstruksi akan dibahas pada postingan selanjutnya.

SBU menjadi salah satu syarat administrasi untuk pendirian CV atau PT. SBU Kontraktor berbeda dengan SBU Konsultan Perencana & Pengawasan Jasa Konstruksi.

SBU kontraktor dikeluarkan oleh Asosiasi Badan Usaha kontraktor seperti hal-nya GAPEKNAS, GAPENS dan lainya seperti yang telah saya posting dengan judul ‘’Daftar Asosiasi Badan Usaha & Asosiasi Profesi di Indonesia’’.

Pada peraturan LPJK tentang ‘’Sertifikasi dan Registrasi Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi’ bagian ke 4 dibahas perihal “persyaratan Klasifikasi dan Kualifikasi Bidang Usaha”.

Klasifikas/Sub Klasifikasi Pekerjaan Usaha Jasa Pelaksana Konstrusi

KALSIFIKASI 1 BANGUNAN GEDUNG

Kode BG001

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Hunian Tunggal dan Kopel

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk didalamnya  pembangunan baru, penambahan, serta peningkatan) dari bangunan perumahan yang terdiri dari satu atau dua tempat tinggal maksimum 2 lantai.

Kode BG002

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Multi atau Banyak Hunian

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk didalamnya pembangunan baru, penambahan serta peningkatan) dari bangunan perumahan bertingkat tinggi yang lebih dari 2 lantai.

Kode BG003

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana  Konstruksi Bangunan Gudang dan Industri 

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk didalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan gudang dan bangunan Industri.

Kode BG004

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana  Konstruksi Bangunan Komersial

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk didalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan dengan tujuan komersial seperti bangunan perkantoran, bangunan BANK, Garasi parkir, stasiun pengisian bahan bakar, terminal kendaraan umum serta bangunan stasiun kereta api, bangunan pusat perbelanjaan.

Kode BG005

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana  Konstruksi Bangunan Hiburan Publik

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk didalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan hiburan publik seperti bioskop, hall konser, nightclubs.

Kode BG006

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana  Konstruksi Bangunan Hotel, Restoran, dan Bangunan Serupa Lainnya

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk didalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari hotel, motel, restoran dan bangunan yang serupa lainnya.

Kode BG007

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana   Konstruksi Bangunan Pendidikan

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk didalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan pendidikan seperti sekolah, universitas, perpustakaan dan museum termasuk juga laboratorium penelitian.

Kode BG008

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana  Konstruksi Bangunan Kesehatan

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk didalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan kesehatan seperti rumah sakit dan sanotarium.

Kode BG009

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Untuk Konstruksi Bangunan Gedung Lainnya

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk didalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan sertapekerjaan renovasi) dari bangunan lainnya seperti, rumah ibadah dan penjara.

KALSIFIKASI 2 Bangunan Sipil

Kode SI001

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Saluran Air, Pelabuhan, Dam, dan Prasarana Sumber Daya Air Lainnya

Lingkup Pekerjaan: 1. Pekerjaan pelaksanaan pembangunan,  pemeliharaan dan perbaikan bangunan bendungan (dam), bendung (weir), embung, pintu air, talang, check dam, tanggul dan saluran pengendali banjir termasuk drainase perkotaan beserta bangunan pelengkapnya, tanggul laut, krib, waduk dan sarana dan/atau prasarana sumber daya air lainnya.

2. Pekerjaan pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan konstruksi jaringan saluran air, sistem irigrasi (kanal), reservoir (waduk) dan drainase irigrasi, dan

3. Pekerjaan pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan dermaga, sarana pelabuhan, penahan gelombang dan sejenisnya. Termasuk konstruksi jalan air atau terusan, pelabuhan dan sarana jalur sungai, dok (pangkalan), lock (panama canal lock, Hoover Dam) dan lain-lain.

Kode SI002

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Pengolahan Air Minum dan Air Limbah serta Bangunan Pengolahan Sampah.

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan instalasi pengolahan air minum, bangunan menara air dan reservoir air beserta bangunan pelengkap air minum lainnya, instalasi pengolahan air limbah beserta bangunan pelengkap air limbah lainnya, bangunan Tempat Pembuangan Akhir Sampah beserta bangunan pelengkap lainnya.

Kode SI003

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Jalan Raya (kecuali Jalan Layang), Jalan, Rel Kereta Api, dan Landas Pacu Bandara

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksanaan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jalan. Jalan raya (kecuali Jalan Layang) dan jalan tol termasuk juga jalan untuk pejalan kaki, rel kereta api, dan landas pacu bandara.

Kode SI004

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Jembatan, Jalan Layang, Terowongan dan Subway

Lingkup Pekerjaan: 1. Pekerjaan pelaksanaan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jembatan dan jalan layang.

2. Pelaksanaan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan pembangunan terowongaan di bawah permukaan air, di bukit atau pegunungan dan di bawah permukaan tanah

Kode SI005

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Perpipaan Air Minum Jarak Jauh

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa untuk distribusi air bersih jarak jauh antar pulau dan/atau bawah permukaan laut.

Kode SI006

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Perpiaan Air Limbah Jarak Jauh 

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa untuk distribusi air limbah jarak jauh antar pulau dan/atau bawah permukaan laut.

Kode SI007

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Perpiaan Minyak dan Gas Jarak Jauh

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan pipa jaringan untuk distribusi minyak dan gas jarak jauh antar pulau dan/atau bawah permukaan laut.

Kode SI008

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Perpiaan Air Minum Lokal

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa untuk distribusi air minum yang bersifat lokal dan untuk jarak yang dekat.

Kode SI009

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Perpiaan Air Limbah Lokal

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa untuk distribusi air limbah yang bersifat lokal dan untuk jarak yang dekat.

Kode SI010

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Perpiaan Minyak dan Gas Lokal

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa untuk distribusi air minyak dan gas yang bersifat lokal dan untuk jarak yang dekat.

Kode SI011

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Pekerjaan Bangunan Stadion untuk Olah Raga outdoor

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana untuk konstruksi stadion dan olah raga lapangan yang biasanya dimainkan di tempat terbuka (open air) seperti sepakboola, baseball, rugby, lintasan balap mobil dan motor serta lintasan pacu kuda.

Kode SI012

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Fasilitas Olah Raga Indoor dan Fasilitas Rekreasi

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana untuk olahraga lainnya serta instalasi fasilitas rekreasi, olah raga yang dimaksud lebih banyak merupakan olah raga indoor  yang membutuhkan ruang yang lebih kecil untuk penonton seperti lapangann basket, hockey, lapangan tenis, hall senam, dan ring tinju dan fasilitas taman rekreasi.

KALSIFIKASI 3 Instalasi Mekanikal dan Elektrikal  

Kode MK001

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Pemasangan Pendingin Udara (Air Conditioner), Pemanas dan Ventilasi

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawataan yang meliputi pemanasan elektrik maupun non-elektrik, ventilasi, lemari pendingin, atau peralatan AC, pekerjaan ducting dan pekerjaan metal lembaran yang dilakukan secara terintegrasi dari pekerjaan tersebut.

Kode MK002

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Pemasangan Pipa Air (Plumbing) Dalam Bangunan Dan Salurannya

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana pemasangan dab perawatan yang meliputi:

1. Sistem perpipaan utama air panas dan dingin, instalasi sprinkler, pipa air kotor, pipa air drain

2. Perlengkapan sprinkler

3. Sistem pemadam kebakaran.

Kode MK003

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Pemasangan Pipa Gas Dalam Bangunan

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan pipa untuk gas, oksigen, di rumah sakit dan peralatan pengoperasian gas lainnya

Kode MK004

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Insulasi Dalam Bangunan

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan yang meliputi: 1. Insulasi thermal termasuk bahan isolasi penahan panas untuuk dinding luar; 2. Insulasi thermal untuk pipa air panas dan dingin, ketel uap dan saluran pembuangan; 3. Insulasi suara; dan 4. Insulasi anti kebakaan.

Kode MK005

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Pemasangan Lift Dan Tangga Berjalan

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi pemasangan lift dan ekskalator serta jalan pejalan kaki yang dapat bergerak juga termasuk pekerjaan konstruksi perlengkapan keselamatan dari kebakaran (contohnya tangga darurat)

Kode MK006

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Thermal, Bertekanan, Minyak, Gas, Geothermal (Pekerjaan Rekayasa)

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan dari: 1.   anjungan lepas pantai (platform); dan 2.   fasilitas produksi, penyimpanan minyak dan gas lainnya.

Kode MK008

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Alat Angkut dan Alat Angkat

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan dari konstruksi alat angkut dan angkat serta conveyor

Kode MK009

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Perpipaan, Gas, Energi (Pekerjaan Rekayasa)

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan dari: 1. pipa minyak, gas dan energi di darat; dan 2. pipa minyak, gas dan energi di bawah laut.

Kode MK010

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Instalasi Fasilitas Produksi, Penyimpanan Minyak Dan Gas (Pekerjaan Rekayasa

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan dari: 1. fabrikasi fasilitas produksi, penyimpanan minyak dan gas didarat dan lepas pantai; 2. fabrikasi bejana tekan (pressure vessel) dan tangki; 3.  fabrikasi boiler; dan 4. fabrikasi module.

Instalasi Mekanikal dan Elektrikal

Kode EL001

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Pembangkit Tenaga Listrik Semua Daya

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pemasangan dan perawatan elektromekanik dan kelistrikan pembangkit tenaga listrik semua daya.

Kode EL002

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Pembangkit Tenaga Litrik Daya Maksimum 10 MW

Lingkup Pekerjaan: Jasa pelaksana instalasi dan perawatan elektromekanik dan instalasi kelistrikan pembangkit tenaga listrik dengan daya maksimum 10 MW / unit.

Kode EL003

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Pembangkit Tenaga Listrik Energi Baru Dan Terbarukan

Lingkup Pekerjaan: Jasa pelaksana instalasi dan perawatan pembangkit tenaga listrik energi baru dan terbarukan antara lain : surya, angin (bayu), micro hydro, gelombang laut.

Kode EL004

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Tegangan Tinggi/Ekstra Tegangan Tinggi

Lingkup Pekerjaan: 1. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan transmisi tenaga listrik tegangan    tinggi / ektra tegangan tinggi termasuk instalasi gardu induk; dan 2. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan transmisi tenaga listrik dibawah    atau diatas tanah dan dibawah lautan.

Kode EL005

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Jaringan Transmisi Telekomunikasi dan/atau Telepon

Lingkup Pekerjaan: 1. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan transmisi telekomunikasi dan atau telepon diatas permukaan tanah, termasuk pekerjaan untuk menara transmisi telekomunikasi; dan 2. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan transmisi telekomunikasi dan atau telepon dibawah tanah atau dibawah lautan.

Kode EL006

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Tegangan Menengah

Lingkup Pekerjaan: Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan distribusi tenaga listrik tegangan menengah, termasuk untuk jalur listrik kereta api, instalasi listrik gardu hubung dan gardugardu distribusi.

Kode EL007

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Tegangan Rendah

Lingkup Pekerjaan: Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan distribusi tenaga listrik tegangan rendah dan penerangan jalan umum.

Kode EL008

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Jaringan Distribusi Telekomunikasi dan/atau Telepon

Lingkup Pekerjaan: 1. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan distribusi telekomunikasi dan/atau telepon termasuk jasa pelaksana untuk menara distribusi telekomunikasi; 2. Jasa Pelaksana instalasi dan perawatan stasiun telekomunikasi dan antena untuk distribusi telekomunikasi; dan 3. Jasa Pelaksana instalasi dan perawatan untuk jalur kabel televise untuk dibawah permukaan tanah.

Kode EL009

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Sistem Kontrol dan Instrumentasi

Lingkup Pekerjaan: Jasa pelaksana pemasangan instalasi kontrol dan instrumentasi untuk sistem pengendali tenaga listrik.

Kode EL010

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Tenaga Listrik Gedung dan Pabrik

Lingkup Pekerjaan: 1. Jasa pelaksanan instalasi dan perawatan listrik di dalam dan diluar gedung, pabrik maupun jaringan konstruksi; 2. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan listrik dan peralatan untuk sistem tenaga  listrik darurat;  3. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan alat pembatas daya listrik dan meteran listrik; 4. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan alarm kebakaran; 5. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan alarm pencurian; 6. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan antena segala Macam type antenna  termasuk antena satelit dan jalur televisi kabel didalam gedung; 7. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan penangkal petir; dan 8. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan listrik Khusus seperti instalasi listrik kapal, instalasi Listrik tahan api dan sejenisnya.

Kode EL011

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Elektrikal Lainnya

Lingkup Pekerjaan: Jasa pelaksana pemasangan dan perawatan untuk sistem penerangan dan tanda untuk jalan, rel kereta api, bandara, pelabuhan dan sejenis.

KALSIFIKASI 4 Jasa Pelaksanaan Lainnya

Kode PL001

Subklasifikasi: Jasa Penyewaan Alat Konstruksi dan Pembongkaran Bangunan atau Pekerjaan Sipil Lainnya dengan Operator

Lingkup Pekerjaan: Jasa peminjaman dan penyewaan yang berhubungan dengan peralatan dengan operator untuk konstruksi atau penghancuran dan jasa operasional yang disediakan dengan operator

Kode PL002

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Perakitan dan Pemasangan Konstruksi Prafabrikasi untuk Konstruksi Bangunan Gedung

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan khusus pemasangan bangunan konstruksi prafabrikasi yang langsung dilakukan di lokasi konstruksi yang bahan utamanya dari beton untuk beberapa bagian pracetak dari bangunan gedung kecuali pekerjaan pemasangan komponen pracetak baja.

 

Kode PL003

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Perakitan dan Pemasangan Konstruksi Prafabrikasi untuk Konstruksi Jalan dan Jembatan Serta Rel Kereta Api

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan khusus pemasangan bangunan konstruksi prafabrikasi yang langsung dilakukan di lokasi konstruksi yang bahan utamanya dari beton untuk beberapa bagian pracetak dari konstruksi jalan, jembatan dan rel kereta api kecuali pekerjaan pemasangan komponen pracetak baja.

Kode PL004

Subklasifikasi: Jasa Pelaksana Perakitan dan Pemasangan Konstruksi Prafabrikasi untuk Konstruksi Prasarana Sumber Daya Air, Irigasi, Dermaga, Pelabuhan, Persungaian, Pantai serta Bangunan Pengolahan Air Bersih, Limbah dan Sampah (Insinerator)

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan khusus pemasangan bangunan konstruksi prafabrikasi yang langsung dilakukan dilokasi konstruksi yang bahan utamanya dari beton untuk beberapa bagian pracetak dari konstruksi prasarana sumber daya air, irigasi, dermaga, pelabuhan, persungaian, pantai serta bangunan pengolahan air bersih dan limbah, kecuali pekerjaan pemasangan komponen pracetak baja.

KALSIFIKASI 4 Jasa Pelaksanaan Spesialis

Kode SP001

Subklasifikasi: Pekerjaan Penyelidikan Lapangan

 

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan penyelidikan lapangan bertujuan mengidentifikasi lokasi yang tepat untuk proyek konstruksidan untuk pekerjaan demarkasi, contohnya demarkasi dari suatu area lokal dimana satu atau lebih tahapan atau proses besar dari pekerjaan konstruksi sedang berjalan.

Kode SP002

Subklasifikasi: Pekerjaan Pembongkaran

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan penghancuran bangunan atau struktur lainnya seperti jalan dan jalan layang, mencakup juga penjualan material yang didapat dari hasil operasi penghancuran.

Kode SP003

Subklasifikasi: Pekerjaan Penyiapan dan Pematangan Tanah/Lokasi

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan penyiapan yang bertujuan agar lahan siap untuk dipergunakan untuk pekerjaan konstruksi selanjutnya, termasuk didalamnya blasting, testdrilling, dan pekerjaan pemindahan batu-batuan.

Kode SP004

Subklasifikasi: Pekerjaan Tanah, Galian dan Timbunan

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan penggalian dan penimbunan, pekerjaan pemindahan tanah, grading of construction sites, trench digging.

Kode SP005

Subklasifikasi: Pekerjaan Persiapan Lapangan untuk Pertambangan

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan terowongan dan pembangunan lainnya serta pekerjaan persiapan untuk properti mineral dan situsnya, kecuali untuk minyak dan gas. Contohnya pelayanan insidental konstruksi untuk pertambangan minyak dan gas.

Kode SP006

Subklasifikasi: Pekerjaan Perancah

Pemasangan perancah bangunan dan pekerjaan dismantling.

Kode SP007

Subklasifikasi: Pekerjaan Pondasi, Termasuk Pemancangannya

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus pondasi dan pekerjaan pile driving serta pekerjaan lain yang berkaitan

Kode SP008

Subklasifikasi: Pekerjaan Pengeboran Sumur Air Tanah Dalam

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus yang melibatkan pengeboran dan penggalian sumber air, instalasi dan pekerjaan perbaikan dari pompa sumur dan system pemipaan

Kode SP009

Subklasifikasi: Pekerjaan Atap dan Kedap Air (waterproofing)

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus yang melibatkan instalasi atap, guttering dan spouting, roof shingling dan pekerjaan atap metal. Pekerjaan pengecatan atap, termasuk didalamnya pekerjaan water-proofing untuk bangunan.

Kode SP010

Subklasifikasi: Pekerjaan Beton

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus yang melibatkan pembetonan, concrete pouring dan pekerjaan concretelainnya termasuk didalamnya aspal dan semen portland pada proyek konstruksi

Kode SP011

Subklasifikasi: Pekerjaan Baja dan Pemasangannya , Termasuk Pengelasan

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus yang meliputi penekukan baja, pekerjaan  konstruksi terhadap rangka baja, pekerjaan pemasangan komponen bajauntuk bangunan ataupun untuk struktur lain seperti jembatan, crane yang bekerja pada ketinggian, menara transmisi listrik serta pekerjaan reinforcing baja baik yang dibeli atau diproduksi sendiri termasuk juga pekerjaan pengelasan baja.

Kode SP012

Subklasifikasi: Pekerjaan Pemasangan Batu

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus yang melibatkan pemasangan blok batu, pengesetan batu dan pekerjaan batu lainnya.

Kode SP013

Subklasifikasi: Pekerjaan Konstruksi Khusus Lainnya

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus lain seperti penggalian kuburan dan perpindahan rumah.

Kode SP014

Subklasifikasi: Pekerjaan Pengaspalan dengan Rangkaian Peralatan Khusus

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan Pengaspalan dengan menggunakan peralatan produksi campuran aspal termasuk transportasi hasil campuran aspal hingga penggelaran dan pemadatan dengan peralatan khusus di lokasi pekerjaan.

Kode SP016

Subklasifikasi: Pekerjaan Perawatan Bangunan Gedung

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan pemeliharaan bangunan gedung, tidak termasuk pekerjaan yang melakukan perubahan terhadap struktur bangunan.

Jasa Pelaksanaan Keterampilan

Kode KT001

Subklasifikasi: Pekerjaan Kaca dan Pemasangan Kaca Jendela

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus material kaca, cermin, danproduk-produk berbahan kaca, serta pekerjaan instalasi jendela kaca

Kode KT002

Subklasifikasi: Pekerjaan Plesteran

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khususdari plester interior dan exterior ataustucco dan pekerjaan dry wall yang berhubungan deingan instalasi dinding papan, yang biasanya adalah bahan gypsum.

Kode KT003

Subklasifikasi: Pekerjaan Pengecatan

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus pengecatan dan pekerjaan konstruksi yang berhubungan dengan interior dan exterior bangunan dan pekerjaan pengecatan dari struktur berat (rekayasa teknik). Tidak termasuk pengecatan atap bangunan.

Kode KT004

Subklasifikasi: PekerjaanPemas angan Keramik Lantai dan Dinding

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus pemasangan dan pegesetan keramik, dinding beton, dinding potongan batu, serta lantai ubin.

Kode KT005

Subklasifikasi: Pekerjaan Pemasangan Lantai Lain, Penutupan Dinding dan Pemasangan Wall paper

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus pemasangan karpet, linoleum, ubin aspal, lantai elastis, parquet, dan lantai berbahan kayu keras lainnya.

Kode KT006

Subklasifikasi: Pekerjaan Kayu dan atau penyambungan Kayu dan Material Lain

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus yang berhubungan dengan pekerjaan pengrajin kayu, pembentukan bentuk kayudanpemasanganlemari di lokasi konstruksi.

Kode KT007

Subklasifikasi: PekerjaanDekor asidan Pemasangan Interior

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus pemasangan terazzo, interior marbel, granit dan pekerjaan batu tulis.

Kode KT008

Subklasifikasi: Pekerjaan Pemasangan Ornamen

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus untuk komponen logam lembaran fabrikasi khusus, pekerjaan dekorasi besi dan baja, serta pengerjaan ornament dan arsitektur logam.

Kode KT009

Subklasifikasi: Pekerjaan Pemasangan Gipsum

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus untuk komponen panel gypsum seperti pemasangan dinding partisi dalam bangunan gedung yang menggunakan panel gypsum, pemasangan plafon dalam bangunan gedung yang menggunakan panel gypsum.

Kode KT010

Subklasifikasi: Pekerjaan Pemasangan plafon akustik (accoustic ceiling)

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus untuk pemasangan plafon akustik pada ruangan di dalam bangunan gedung. Bahan penutup plafond akustik berbentuk panel yang diletakkan atau dijepit pada rangka metal yang bentuk grid (kotak-kotak).

Kode KT011

Subklasifikasi: Pemasangan curtain wall

Lingkup Pekerjaan: Pekerjaan konstruksi khusus untuk menutup sisi-sisi bagian luar gedung bertingkat. Bahan penutup bangunan merupakan bahan non struktural dan ringan, yang berfungsi sebagai pemisah antara bagian dalam dan luar gedung. Pemasangan curtain wall padaumumnya terdiri dari rangka allumunium dan bahan penutup berupa kaca, panel metal atau GRC (Glassfibre Reinforce Concrete).

0 komentar