Beasiswa Pendidikan Teknik Sipil

February 25, 2018
Postingan ini merupakan terusan informasi mengenai beasiswa dari lembaga, institusi maupun perusahaan yang menyediakan beasiswa, alasan jujur saya mengapa saya menuliskan ini karena untuk melengkapi postingan di blog, kemudian alasan sentimenya karena orang yang sedang menempuh pendidikan ada yang memerlukan beasiswa, meskipun tidak semua orang, dengan saya menuliskan ini kemudian saya posting, secara tidak langsung pembaca yang sedang mencari materi kuliah ataupun yang lainya dengan cepat bisa mengetahui tulisan perihal beasiswa ini tanpa perlu membuka peramban lain atau situs lain. Berbicara beasiswa maka pelajar dalam berbagai bidang dan jurusan yang dirinya memerlukan beasiswa akan mencari informasi mengenai beasiswa, setiap orang bisa mendapatkan beasiswa asalkan memenuhi kriteria yang dijadikan syarat oleh penyedia beasiswa.

Pada tulisan ini saya akan memaparkan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah ataupun swasta dalam bidang ilmu teknik sipil, karena ini merupakan blog teknik sipil maka saya akan memaparkan untuk saudara yang ingin dirinya mendapatkan beasiswa dalam bidang tersebut, jadi selain informasi beasiswa yang saya tuliskan, pada tulisan ini dijelaskan pengertian umum beasiswa, jenis beasiswa dan landasan hukumnya.
Definisi Beasiswa
Beasiswa Pendidikan Teknik Sipil
Arti kata beasiswa menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Sementara menurut Wikipedia Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Pemberian beasiswa dapat dikategorikan pada pemberian cuma-cuma ataupun pemberian dengan ikatan kerja atau biasa disebut dengan ikatan dinas setelah selesainya pendidikan. Lama ikatan dinas ini berbeda-beda, tergantung pada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut.
Sementara Menurut Murniasih (2009) beasiswa diartikan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penghargaan itu dapat berupa akses tertentu pada suatu institusi atau penghargaan berupa bantuan keuangan.
Jenis Beasiswa
Secara Garis Besar jenis beasiswa yang ada di Indonesia menurut penggunaanya ada 2 (dua) jenis yaitu beasiswa ekonomi dan beasiswa prestasi. Sedangkan Jenis Beasiswa dari sisi jenis dan bebtuknya ada 4 (empat) yaitu Grant, fellowship, awards dan scholarship. Sebagai pengertian dan mekanismenya saya jelaskan dibawah ini.
Beasiswa menurut penggunaanya ada 2 (dua) jenis yaitu:
1)   Beasiswa Prestasi.
Beasiswa ini diperuntukkan bagi orang yang berprestasi atau mempunyai kelebihan dibidang akademik atau non akademik. Manfaat beasiswa prestasi antara lain:
a) Meningkatkan rasa semangat untuk terus belajar dan mengasah keahliaannya
b)  Memacu intensitas untuk belajar
c)   Lebih menghargai arti sebuah nilai materi
d)  Memberikan rasa bangga tersendiri bagi seseorang
e)  Sebagai pemacu untuk kearah yang lebih baik
2)   Beasiswa Ekonomi.
Beasiswa ini diperuntukan pada orang yang secara materi kurang dan tentunya mempunyai keahlian dibidang tertentu. Manfaat beasiswa ekonomi bagi pelajar antara lain:
a)  Memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengubah nasib. Semisal jika dulu seseorang petani miskin mempunyai anak yang ingin terus melanjutkan sekolahnya kejenjang yang lebih tinggi sebenarnya orang tuanya tidak mampu membiaya. Namun, Berkat kepandaianya anak tersebut berhasil mendapatkan beasiswa lalu anak tersebut mempunyai pekerjaan dan sukses dan dapat mengubah ekonomi dikeluarganya menjadi lebih baik.
b)  Dapat meningkatkan intensitas belajar yang seseorang yang cukup drastis karena lembaga pemberi beasiswa biasanya memberikan target-target yang harus di tempuhnya.
c)   Seorang pelajar dapat terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi meskipun mereka kurang mampu dalam hal materi.
d)  Menghilangkan sindikat diantara masyarakat “Bahwa orang miskin itu tak boleh sekolah tinggi”
e)  Meringankan beban orang tua yang membiayainya
Beasiswa menurut jenis dan bentuknya ada 4 (empat) jenis yaitu:
1)   Beasiswa Awards
Beasiswa AAS (Australia Awards Scholarship) adalah pemberi beasiswa dan fellowship bergengsi dari Pemerintah Australia. Indonesia, Vietnam dan Papua New Guinea merupakan negara 3 besar penerima Australia Awards Scholarships/AAS (dulu Australian Development Scholarship/ADS).
2)   Scholarship
Scholarship adalah beasiswa dan dana siswa berupa bantuan uang dan ataupun tunjangan hidup dalam masa kehidupan menjalani belajar, biasanya scholarship diadakan oleh yayasan ataupun lembaga tertentu yang ingin membantu para siswa yang kurang mampu dalam masalah biaya tetapi ingin melanjutkan masa studinya.
Scholarship diadakan oleh universitas tertentu untuk menjalani program tukar pelajar dari universitas lain untuk memajukan universitas tersebut.
3)   Fellowship
Beasiswa ini berfokus pada pengembangan kemampuan profesional seseorang pada bidang yang spesifik. Fellowship digunakan untuk mendukung kegiatan akademik seperti penelitian pada isu tertentu sampai pengembangan organisasi atau inisiatif berorientasi kemasyarakatan. fellowship merupakan bagian dari scholarship, tapi belum tentu semua scholarship berbentuk fellowship, fellowship bentuknya lebih khusus, kebanyakan fellowship ditawarkan untuk jenjang yang lebih tinggi seperti S2 dan S3 serta murni mempertimbangkan skill, keahlian, dan indeks prestasi kumulatif.
Pendanaan fellowship pun nggak dibatasi oleh waktu karena sifatnya yang sesuai kebutuhan. Pendanaan fellowship bahkan bisa aja ditempuh dalam hitungan hari—jika kamu hanya diharuskan untuk melakukan penelitian oleh pihak yang mendanai kamu.
Program fellowship sendiri sangat cocok untuk kamu yang ingin memantapkan jalan karier karena kamu dapat memperoleh mentoring dan networking yang bermanfaat selama menjalankannya.
4)   Grants
Grant merupakan salah satu program beasiswa yang memiliki arti harfiah sebagai hibah ini adalah pendanaan yang diberikan oleh badan pemerintahan tertentu tetapi tidak hanya badan pemerintah, ada juga grant yang disediakan oleh berbagai perusahaan. Orang yang berhasil menerima pendanaan dari beasiswa ini tidak selalu diwajibkan untuk mengembalikan segala biaya ke sumber dana, terkecuali swasta.
Pemerintah dan swasta memimiliki sedikit perbedaan, misalnya swasta harus membayarkan kembali dana tersebut atau diharapkan untuk kembali bergabung bersama mereka setelah lulus nanti. Ada juga pada pemerintah pada beasiswa grant yang membuat penerima memiliki bentuk ikatan terhadap pihak penyedia dana dalam bentuk kontrak kerja maupun kontrak penelitian, sehingga kefaedahan dari hibah tersebut tetap dirasakan oleh badan pemerintahan tersebut.
Jenis Beasiswa Menurut Murniasih (2009)
1)   Beasiswa Penuh
Banyak orang menilai bahwa beasiswa diberikan kepada penerimanya untuk menutupi keperluan akademik secara keseluruhan. Jika Anda benar-benar beruntung, tentunya Anda akan mendapatkan beasiwa seperti ini. Beasiswa akan diberikan untuk menutupi kebutuhan hidup, buku, dan biaya pendidikan. Namun, banyak beasiswa lainnya meng-cover biaya hidup, buku, atau sebagian dari uang sekolah.
2)   Beasiswa Atletik
Universitas biasanya merekrut atlet populer untuk diberikanbeasiswa dan dijadikan tim atletik perguruan tinggi mereka. Banyak atlet menyelesaikan pendidikan mereka secara gratis, tetapi membayarnya dengan prestasi olahraga. Beasiswa seperti ini biasanya tidak perlu dikejar, karena akan diberikan keada mereka yang memiliki prestasi.
3)   Beasiswa Penghargaan
Beasiswa ini biasanya diberikan kepada kandidat yang memiliki keunggulan akademik. Beasiswa ini diberikan berdasarkan prestasi akademik mereka secara keseluruhan. Misalnya, dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Meski sangat kompetitif, beasiswa ini ada dalam berbagai bentuk.
4)   Beasiswa Bantuan
Jenis beasiswa ini adalah untuk mendanai kegiatan akademik para mahasiswa yang kurang beruntung, tetapi memiliki prestasi. Komite beasiswa biasanya memberikan beberapa penilaian pada kesulitan ini, misalnya, seperti pendapatan orangtua, jumlah saudara kandung yang sama-sama tengah menempuh studi, pengeluaran, biaya hidup, dan lain-lain.
Beasiswa Yang Masuk Universitas
Beasiswa tidak hanya disediakan oleh universitas ataupun yayasan nya masing-masing tetapi ada juga perusahaan-perusahaan yang masuk atau bermitra bersama universitas menawarkan beasiswa tersebut. Beasiswa yang terdapat di Universitas antara lain sebagai berikut:
1)   Beasiswa Yayasan Supersemar
Beasiswa ini bersumber dari Yayasan Supersemar berlaku untuk mahasiswa semua jurusan.
2)   Beasiswa Bidik Misi
Beasiswa Bidik Misi merupakan program dari Dirjen Dikti untuk perguruan tinggi negeri, termasuk Universitas Nusa Cendana. Beasiswa jenis ini merupakan beasiswa bagi calon mahasiswa yang kurang mampu. Beasiswa Bidik Misi dilatar belakangi oleh permasalahan akses pendidikan dari SMA sederajat ke perguruan tinggi. Banyak lulusan SMA sederajat tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi karena calon mahasiswanya dari kalangan kurang mampu, tapi berpotensi.
3)   Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)
Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa adalah beasiswa yang yang berupa bantuan yang diberikan kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar biaya pendidikannya. Sama dengan PPA, tujuannya membantu meringankan beban orang tua dari kalangan ekonomi lemah.
4)   Beasiswa Bank Indonesia
Beasiswa jenis ini bersumber dari pemerintah yang diberikan kepada mahasiswa selama kuliah dengan memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum pada ketentuannya. Program Beasiswa bertujuan untuk memberikan bantuan keuangan tanpa ikatan dinas kepada mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik, terutama untuk membantu menyelesaikan tugas akhir akademiknya.
5)   Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik adalah beasiswa yang diberikan untuk peningkatan pemeratan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar biaya pendidikannya sebagai akibat krisis ekonomi, terutama bagi mahasiswa yang berprestasi akademik. Adapaun tujuan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik secara umum yaitu:
a)  Meningkatkan pemerataan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar pendidikan.
b)  Mendorong dan mempertahankan semangat belajar mahasiswa agar mereka dapat menyelesaikan studi/pendidikan tepat waktunya.
c)  Mendorong untuk meningkatkan prestasi akademik sehingga memacu peningkatan kualitas pendidikan.
Beasiswa Perusahaan Swasta
Tidak hanya lembaga pemerintah ataupun yayasan universitas tetapi perusahaan swasta juga ikut berkontribusi untuk mencerdaskan sumber daya manusia (SDM) bangsa. Berikut adalah 5 beasiswa dari perusahaan swasta yang paling populer di Indonesia:
1)   Beasiswa Tanoto Foundation
Ditujukan untuk mahasiswa yang sedang menempuh studi S1 atau S2 di sejumlah perguruan tinggi. Beasiswa diberikan bagi mahasiswa berprestasi, memiliki potensi kepemimpinan namun mengalami kendala ekonomi. Beasiswa Tanoto Foundation mencakup biaya kuliah dan tunjangan bulanan. Tidak hanya itu Tanoto Foundation juga akan memberikan pembekalan bagi penerima beasiswa Tanoto Foundation dan ikut terlibat di berbagai kegiatan.
2)   Beasiswa Sampoerna
Beasiswa Sampoerna adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Sampoerna Foundation. Beasiswa ini menyediakan program beasiswa bernama Beasiswa Sampoerna jenjang S1. Beasiswa Sampoerna ini bersifat penuh. Selain tunjangan biaya pendidikan, beasiswa ini juga memberikan tunjangan uang saku, tunjangan biaya buku, dan tunjangan internet.
Beasiswa ini ditujukan kepada pelajar yang tidak mampu secara ekonomi, namun menunjukkan prestasi akademik cemerlang, serta memiliki kepribadian yang terpuji serta jiwa kepemimpinan yang tinggi, untuk menempuh pendidikan sarjana di bidang Ekonomi dan bidang Teknik.
3)   Beasiswa BCA Finance
Merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh Bank Central Asia bagi mahasiswa S1 dengan memberikan bantuan dana pendidikan sejumlah 3 juta rupiah per semester hingga semester 8 juta, biasanya dengan jumlah kuota 90 mahasiswa.
4)   Beasiswa Djarum
Beasiswa Djarum merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh Djarum Foundation untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Melalui Community Empowerment, penerima Djarum Beasiswa Plus juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai ketrampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada.
Tunjangan yang diberikan adalah dana pendidikan selama satu tahun. Selain itu, penerima Djarum Beasiswa Plus juga akan mendapatkan pelatihan keterampilan atau soft skills untuk mempersiapkan calon pemimpin masa depan bangsa. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure.
5)   Beasiswa Astra1st
Beasiswa Astra1st merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh PT Astra International.Tbk. Tunjangan yang ditawarkan berupa beasiswa sebesar 5 juta rupiah per semester dengan durasi program selama satu tahun. Selain itu, program ini juga memberikan program bimbingan komprehensif selama 1 tahun untuk mengembangkan kompetensi teknis technical competencies dan kompetensi non-teknis soft competencies, kesempatan belajar (Kerja Praktek atau Magang) di Astra Group, kesempatan mengerjakan proyek untuk anak perusahaan Astra Group dan mendapatkan dana proyek, kesempatan bekerja di PT Astra Internasional setelah lulus.
Dibawah ini merupakan informasi tambahan beberapa beasiswa yang ada di Indonesia baik dari bank atau perusahaan lainya, berikut 17 beasiswa yang ada di Indonesia:
1.   Bank Tokyo
2.   CIMB Niaga
3.   Bakti BCA
4.   Orbit Asri Ainun Habibie
5.   PT daya Adicipta Motor
6.   Iluni
7.   Bukalapak Scholaship
8.   PT pertamina
9.   Bank mayapada
10.  Bank Indonesia
11.  BCA Finance
12.  Program Pendidikan Akuntansi BCA
13.  Gebu minang
14.  Rumah Peradaban
15.  Karya Salemba
16.  Belajar bersama ang afim
17.  Beasiswa S1 terbaru
Manfaat Beasiswa
Maka dari itu untuk memciptakan generasi yang hebat dan tangguh dalam rangka menghadapi kerasnya dunia yang semakin hari semakin dasyat di perlukan proganm pendukung salah satunya beasiswa baik untuk orang yang sudah mampu maupun orang yang telah mampu karena selain dapat membantu diri dalam idividu secara nasional juga sangat membantu universal diantaranya:
1)  Sangat membantu dalam pelaksananan pemerintahan dalam suatu negara karena pelajar merupakan generasi penerus dalam sebuah negara. Jadi baik buruknya negara itu kedepannya tergantung pada generasi pemuda apabila generasinya cerdas akan ilmu-ilmu maka dalam pemegang negaranya akan baik dan lancar dan semakin maju.
2)  Manusia di takdirkan hidup berpasang-pasang maka dari itu pendidikan itu mampu mendidik buah hatinya dengan benar sehingga dapat terciptalah generasi yang cerdas dan berbudi luhur.
3)  Membantu menurunkan angka kemiskinan dalam suatu negara karena para rakyatnya telah banyak mengenyam pendidikan.
4)  Dapat menurunkan angka kriminalitas suatu negara karena rakyatnya telah mempunyai pendapatan yang cukup.
5)   Meningkatkan pedapatan perkapita dari suatu negara.
Dasar Hukum
Landasan hukum mengenai beasiswa telah dicantumkan berdasarkan Pasal 31 (1) Undang-Undang Dasar 1945 adalah Setiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran, maka Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa dan masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan.
Peserta didik berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka orang tuanya yang tidak mampu membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa. Bagi mereka yang berprestasi, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab V pasal 12 (1.c), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya. Pasal 12 (1.d) menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya. Selain itu di dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi di dalam Pasal 76 Ayat (2) juga jelas mengamanahkan tentang pemenuhan hak Mahasiswa yaitu mahasiswa pemerintah harus memberikan:
1)  Pinjaman dana tanpa bunga yang wajib dilunasi setelah lulus dan/atau memperoleh pekerjaan.
2)   Beasiswa kepada Mahasiswa berprestasi;
3)   Bantuan atau membebaskan biaya Pendidikan
Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, Bagian Kelima, Pasal 27 ayat (1), menyebutkan bahwa Pemerintah dan Pedoman Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan PPA 2015 pemerintah daerah sesuai kewenangannya memberi bantuan biaya pendidikan atau beasiswa kepada peserta didik yang orang tua atau walinya tidak mampu membiayai pendidikannya.
Pasal 27 ayat (2), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat memberi beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi. Mengacu kepada Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tersebut, maka Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (d.h. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi), mengupayakan pemberian beasiswa bagi yang berprestasi dan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi.
Referensi Beasiswa Dari Saya Secara Pribadi
Setelah semua dijelaskan saya mempunyai satu rujukan bagia saudara yang ingin mendaftar dirinya untuk mendapatkan beasiswa, saudara bebas menentukan dari referensi diatas ingin mendaftar kemanapun, ini hanya sekedar saran dan bisa juga saudara abaikan saran ini. Beasiswa yang saya maksud adalah beasiswa dari LPDP, saudara untuk lebih detailnya bisa mngunjungi website resmi-nya, tetapi saya akan mengulas sedikit dibawah ini.
Beasiswa Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP)
Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri.
Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Komitmen LPDP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi unggulan baik di dalam maupun di luar negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP.
Sasaran Pendaftar BPI Program Magister dan Doktoral adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral pada perguruan tinggi tujuan LPDP baik pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.

0 komentar