Inovasi Dalam Teknologi Konstruksi

March 29, 2019

Dunia konstruksi tidak pernah mati, konstruksi dari waktu ke waktu semakin berkembang, apa yang kamu bangun seperti gadung bertingkat atau infrastruktur dan sebagainya semakin gencar bahkan hamper di seluruh dunia.
Kini teknologi semakin menjadi, perkembangan kontruksi yang dipadukan dengan teknologi dapat mruh system operasi pembangunan seperti metode pekerjaan, pembuatan suatu item komponen bangunan dan lainnya.
Di 2019 ini situs teknik sipil merangkum berbagai inovasi yang sudah terealisasi khususnya di Indonesia seperti prefabrikasi, 3D printing, material bangunan ramah lingkungan, augmented reality, konektivitas. Dari beberapa tersebut dibawah ini merupakan penjelasannya.
1)  3D printing
Inovasi Terkini Dalam Teknologi Konstruksi
Munculnya teknologi 3D printing menjadi kabar gembira bagi tenaga ahli arsitek, mengapa?karena membuat pekerjaan mereka mejadi mudah, bayangkan saja arsitek dan desainer bangunan bisa merancang suatu bangunan dan dengan mudah mengoreksi desainya dengan membuang hal yang tidak penting kemudian mencetak kembali dengan desain yang telah diperbarui atau disempurnakan.
Kabar baiknya di 2019 ini 3D printing tidak hanya di aplikasikan pada desain bangunan keci; tetapi sekarang sudah bisa diterapkan pada suatu bangunan besar.
2)  Prefabrikasi
Berkembangan HP pintar bisa digunakan dengan menambah beberapa platform yang menunjang dalam membantu bangunan. Dengan adanya platform/aplikasi bisa mudah akses informasi melalui aplikasi di telfon seluler. Pekerjaan bisa dengan mudah diketahu secara berkala, kemudian tim teknis pun bisa mengoreksi jika ada sesuatu yang dinilai tidak memenuhi standar nasional Indonesia.
3)  Material bangunan yang ramah lingkungan
Sebetulnya bangunan hijau telah dimulai dari tahun 1960-an. Konsep bangunan hijau menjadi desain yang harus dilakukan karena dianggap sebagai investasi yang menguntungkan bagi semua orang.
Material yang ramah lingkungan bahanya terdiri dari campuran material tradisional seperti campuran aspal dan beton yang bisa menjadi lebih efisien bila dikombinasikan sehingga bisa digunakan berulang kali.
4)  Augmen realty
Dengan menggunakan perangkat seluler pekerja bisa menggunakan tugas mereka. Dengan adanya teknologi seperti ini memungkinkan tim teknik menganalisis masalah pembangunan baik itu gedung ataupun bangunan lainnya yang kemudian memperbaikinya.
Sangat banyak sekali puluhan aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat ponsel pintar yang berhubungan dengan augmented reality. Aplikasi seperti ini akan terus berkembang sejalan dengan kebutuhan tim teknis dilapangan ataupun untuk perencanaan.
5)  Konektivitas
Untuk meningkatkan efisiensi konstruksi suatu bangunan maka konektivitas menjadi hal yang sangat dipertimbangkan. Inovasi seperti ini melalui system cloud atau hardisk digital/tempat penyimpanan digital yang bisa di akses dimanapun secara real time.
Dengan adanya system seperti ini pekerja pelaksana dilapangan dan perencana di kantor bisa dengan mudah memperoleh data yang diinginkan kemudian menindaklanjuti.
Saya menyadari banyak kekurangan pada postingan ini, tulisan ini hanya sebagai gambaran umum dan belum diperbarui secara teknis. Hal yang berkaitan dengan teknis dan cara pengerjaanya di lain waktu akan dituliskan seperti kelebihan dan kekurangan dari berbagai inovasi serta ketergantungan manusia terhadap teknologi yang berkaitan dengan konstruksi.

0 komentar