Teknik Meningkat Rumah Sistem Baliton Dan Sheradeck

April 16, 2018
Ketika seseorang telah membeli rumah idaman berdasarakan kemampuannya akan timbul keinginanya untuk merenovasi rumah, sedikitnya 2 alasan yaitu estetika atau bertambahnya anggota keluarga. Ketika seseorang ingin meningkat rumah tetntu memerlukan jasa kontraktor/pemborong atau arsitek untuk mendesain ulang. Tulisan pada postingan ini menjelaskan bahwa ada beberapa cara meningkat rumah, sedikitnya 3 teknik dalam meningkat rumah yaitu system baliton, sheradeck dan precast concrete slab yang akan di jelaskan dibaha ini.

Meningkat Rumah Sistem Baliton
Teknik Meningkat Rumah Sistem Baliton Dan Sheradeck
Sistem Baliton
Baliton termasuk bagian dari beton ringan pracetak. Sistem ini dapat digunakan untuk meningkat beberapa tipe rumah. Bahan dari baliton 100% terbuat dari adonan bubur beton dengan perbandingan tertentu tanpa melalui proses pembakaran. Blok baliton dibuat dengan ukuranyang mudah diangkat oleh tenaga manual dan ukurannya hampir sama dengan ukuran keraton. Pemasangannya juga hampir sama, yaitu dirangkai atau di stel di bawah (tanah), kemudian dibawa keatas. Setelah kering, lalu diangkat ke atas dan di cor bersamaan dengan pengecoran balok beton. Keuntugan dari sistem ini antara lain sebagai berikut:
1.   Baliton lebih murah dari pelat lantai beton cor dengan kekuatan yang setara.
2.  Baliton lebih ringan sehingga mengurangi beban bangunan secara keseluruhan (bobot mati hingga 180 kg/m2).
3.   Baliton ramah lingkungan.
4.  Besi untuk pengikat blok baliton hanya dua buah untuk setiap lonjoran baliton yang siap dipasang.
5.  Pada saat pemasangan , tidak dibutuhkan perancah (bakesting) kayu.
6.  Diperlukan tiang penyangga untuk menceegah lendutan pada awal pemasangan pelat untuk bentengan 3-4 m.
7.  Tidak diperlukan alat bantu untuk mengangkat ke atas, cukup dengan tenaga manusia.
8.   Diperlukan tambahan besi wiremesh atau tulangan tambahandiatas pelat baliton untuk mengatasi pemuaian dan penyusutan pelat beton sebelun di cor.
9.   Berfungsi sebagai peredan suara dan panas.
10. Penutupan pelat baliton dilakukan dengan cor beton setebal 4-5 cm.
11. Bahan belum beredar di pasaran bebas sehingga untuk memakai material ini harus menghubungi produsennya.
Meningkat Rumah Sistem Sheradeck
Sheradeck termasuk bagian dari beton ringan pracetak. Bahan dari Sheradeck 100% memakai adonan beton. Sheradeck mempunyai dua macan modul, pertama modul flooring block yang merupakan pengganti pelat lantai beton dan yang kedua adalah precast T beam. Precast T beam adalah balok beton jadi berbentuk huruf “T” yang dipasang terbalik yang merupakan penerima perletakan flooring block. Pemasangan balok precast T beam berjarak 50-75 cmar balok. Flooring block mempunyai kuat tekan mencapai 400 kg/cm2 (mutu beton K-400). Oleh karena itu balok “T” merupakan bahan yang telah jadi maka untuk pemasangannya dipelukan balok beton lengkap dengan pembesian sesuai panjang yang dibutuhkan. Jika semua komponen struktur dan flooring block telah terpasang barulah dilakukan pengecoran secara keseluruhan. Memakai sharadeck untuk kontruksi lantai atas mempunyai beberapa keuntungan antara lain sebagai berikut:
1.  Sheradeck lebih murah daripada pelat lantai beton cor dengan kekuatan yang setara.
2.  Sheradeck ramah lingkungan dan dapat digunakan pada berbagai macam tipe rumah.
3.   Pada saat pemasangan, tidak dibutuhkan perancah (bakesting) kayu.
4.  Tidak diperlukan alat bantu untuk mengangkat ke atas, melainkan cukup dengan tenaga manusia.
5. Diperlukan besi wiremesh atau besi tambahan diatas pelat sheradeck untuk menghadapi penyusutan dan pemuaian beton.
6. Diperlukan tiang penyangga untuk mencegah lendutan awal pemasangan pelat untuk bentengan 3-4 m.
7.   Sheradeck berfungsi sebagai peredam suara dan panas.
8.   Penutupan permukaan atas sheradeck dengan cor beton setebal 4-5 cm
9.  Bahan ini belum beredar dipasaran bebas sehingga untuk memakai material ini harus menghubungi produsennya langsung.
Meningkat Rumah Sistem Precast Concrette Slab
Precast Concreatte Slab adalah pelat beton yang sudah jadi dan tinggal dipasang di atas (lantai dua). Sebagai cotoh dari pelat midel ini adalah pada pemasangan pelat beton untuk fly over. Setelah semua terpasang baru bagian akhir dicor dengan beton cor sebagai untuk penutup.
Pembuatan untuk bahan lantai tingkat dengan pembuatan jalan fly over. Semua pelat dicor dibawah lengkap dengan besi pelat dua arah satu lapis. Tebal pelat yang dicor adalah 6 cm, permukaan atas agak dikasarkan, dan ukuran pelatnya 6 cm x 40 cm x 110 cm. Panjang pelat jangan melebihi 110 cm. Pengecoran dibuat sedemikian rupa dengan catatan kedua sisi yang akan diletakan di atas balok beton dan besinya harus dilebihkan.
Pada saat balok beton sudah dicor, barulah pelat yang sudah jadi di angkat dan diletakan diatas balok. Semua balok beton barulah pelat beton diberi shear connector untuk mengikat besi pelat yang menojol tadi. Jarak antar balok maksimal 120 cm. Setelah semua pelat terpasang , letakan bagian atasnya dengan besi berdiameter 8 mm dua arah yang jarak antar besinya sebesar 30 cm. Jika semua telah selesai, barulah dilakukan pengecoran ulang sebagai penutup pelat yang sudah terpasang dengan ketebalan pelat 6 cm.
Pembuatan dimensi pelat precast ada ketentuannya karena pengangkatan pelat siap pasang ini umumnya menggunakan tenaga manusia. Berat sebuah pelat precast harus dapat diangkat oleh dua pekerja. Selanjutnya pelat diletakan pada balok kayu yang diposisikan miring, lalu ditarik keatas. Berat beton untuk 1 m3 2.400 kg maka pembuatan pelat precast paling tidak ukurannya adalah 6 cm x 40 cm x 110 cm= 26.4003= 0,0264 m3. Dengan demikian diperoleh berat beton pelat tersebut adalahp 0,0264 m3 x 2.400 kg = 63,36 kg. Artinya, berat pelat tersebut masih bisa di angkat oleh dua tenaga kerja. Dengan cara tersebut kita deapat menentukan sendiri berat ukuran yang diperlukan sebuah pelat precast.
Saya kira itu yang saya jelaskan dari total 9 teknik meningkat rumah, pada postingan ini saya tulis 3 teknik dan teknik memingkat rumah ada pada postingan berikutnya. Tujuan dari pemaparan ini adalah sebagai bahan rujukan bagi siapa saja yang ingin meningkat rumah.

0 komentar